Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Meningkat 42 Persen, KAI Divre II Sumbar Layani 32.489 Penumpang Selama Long Weekend Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek

TVRI Sumatera BaratEkonomi 30 Januari 2025 JAM 08:39:18 WIB

SUMBAR - Selama libur panjang akhir pekan atau long weekend Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek mulai Sabtu, 25 Januari hingga Rabu, 29 Januari 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat melayani 32.489 penumpang atau rata-rata 6.498 penumpang per hari. 

Angka ini meningkat 42% dibandingkan dengan periode pekan sebelumnya yakni Sabtu, 18 Januari hingga Rabu, 22 Januari 2025, dimana terdapat 22.951 penumpang atau rata-rata 4.590 penumpang per hari.

Rincian volume penumpang pada long weekend tersebut yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang – Naras pp sebanyak 22.722 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Pulau Air pp sebanyak 7.596 penumpang, dan KA Lembah Anai relasi Duku – Kayu Tanam pp sebanyak 2.171 penumpang.

Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat M. As’ad Habibuddin mengungkapkan, peningkatan volume penumpang tersebut menunjukkan animo masyarakat yang semakin tinggi untuk memanfaatkan angkutan kereta api yang nyaman dan murah saat liburan.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan,” kata As’ad.

Puncak volume penumpang terjadi pada Senin, 27 Januari 2025 dengan jumlah penumpang mencapai 6.865 orang. Adapun puncak kedua yaitu pada Selasa, 28 Januari 2025 dengan jumlah penumpang mencapai 6.771 orang.

Adapun 5 stasiun favorit yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun KA pada long weekend tersebut yaitu Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun Naras, dan Stasiun BIM.

”Lonjakan volume penumpang selama long weekend ini semakin mendorong KAI untuk terus melakukan perbaikan di berbagai lini. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan serta memastikan keselamatan perjalanan kereta api. Melalui upaya peningkatan yang berkelanjutan, kami optimis kereta api akan menjadi pilihan utama masyarakat dalam bepergian," tutup As’ad.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat