Berita ❯ Kota Padang
Dua Hari Jelang Pergantian Tahun, KAI Divre II Sumbar Catat Peningkatan Penumpang 39 Persen
TVRI Sumatera Barat • Ekonomi 01 Januari 2025 JAM 07:13:14 WIB
SUMBAR - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatat jumlah penumpang 2 hari jelang pergantian tahun yakni 30 Desember 2024 terdapat sebanyak 6.960 penumpang atau meningkat 39% dibanding di hari-hari biasa, seperti rata-rata harian penumpang pada bulan November 2024 sebanyak 4.995 penumpang per hari.
Adapun KAI menetapkan masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 selama 18 hari, sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Hari Minggu, 29 Desember 2024 merupakan puncak arus penumpang pada Nataru ini dengan jumlah penumpang sebanyak 7.473 orang.
”Secara keseluruhan, KAI Divre II Sumbar mencatat hingga hari ke-12 masa Angkutan Nataru 2025, tanggal 19 sampai dengan 30 Desember 2024, terdapat 78.627 penumpang. Atau rata-rata 6.552 penumpang per hari,” ucap Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, Selasa, 31 Desember 2024.
Rincian jumlah penumpang selama 12 hari masa Nataru ini yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang – Stasiun Naras pp sebanyak 55.208 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Stasiun Pulau Air pp sebanyak 17.921 penumpang, dan KA Lembah Anai relasi Duku/Stasiun BIM - Stasiun Kayu Tanam pp sebanyak 5.498 penumpang.
Stasiun Padang masih menjadi favorit untuk stasiun keberangkatan ataupun stasiun tujuan dengan jumlah penumpang sebanyak 42.238 penumpang. Disusul oleh Stasiun Pariaman sebanyak 32.344 penumpang, Stasiun BIM sebanyak 13.585 penumpang, Stasiun Air Tawar sebanyak 13.459 penumpang, dan Stasiun Duku sebanyak 10.012 penumpang.
Dari sisi ketepatan waktu, untuk keberangkatan kereta api penumpang pada periode 19 sampai dengan 30 Desember 2024, mencapai 100%, atau tepat sesuai jadwal yang ditetapkan. Adapun untuk ketepatan waktu kedatangan mencapai 99,7%.
”Masyarakat dapat menikmati libur Nataru menggunakan angkutan kereta api untuk berwisata, urusan bisnis, ataupun keperluan lainnya. KAI berkomitmen untuk mengantarkan pelanggan dengan selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata As’ad.
As’ad melanjutkan, pihaknya menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, mengingat tiket yang terbatas. Pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan.
”Sehingga calon pelanggan yang memiliki rencana menggunakan KA dapat jauh-jauh hari membeli tiket tanpa takut kehabisan tiket. KAI juga masih menyediakan loket untuk penjualan tiket yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA, selama tiket masih tersedia,” kata As’ad.
KAI mengimbau kepada pelanggan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama saat menggunakan transportasi kereta api. Perhatikan juga barang bawaannya, jangan sampai membawa barang-barang yang dilarang dibawa di atas KA seperti barang berbau menyengat atau barang yang berbahaya.
Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU
❝❞ Komentar Anda
Berita Lainnya
Berita Terkini Seputar Sumatera Barat
Pendaki yang Hilang di Gunung Talang Sumbar Ditemukan Dalam Keadaan Selamat
03 Januari 2025 JAM 21:50:36 WIB
KAI Divre II Sumbar Catat Jumlah Penumpang Meningkat 42 Persen di Awal Tahun 2025
03 Januari 2025 JAM 19:35:53 WIB
Seorang Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung Talang Sumbar
03 Januari 2025 JAM 15:40:28 WIB