Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

KPU Sumbar Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2024 di Padang Pariaman

TVRI Sumatera BaratPolitik 26 Oktober 2024 JAM 20:29:11 WIB

SUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati wakil bupati dan wali kota wakil wali kota, Sabtu, 26 Oktober 2024, di Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.

Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen dalam sambutannya saat pembukaan simulasi menyampaikan, hari ini, 26 Oktober 2024, tepat 35 hari menjelang dilaksanakannya pemungutan suara pilkada serentak nasional, tepatnya 27 November 2024.

“Sebelum tahapan puncak nanti, KPU Sumbar beserta seluruh jajaran telah melaksanakan berbagai proses dan tahapan, dimana saat ini sedang berlangsung tahapan masa kampanye. Semoga semua tahapan dapat berjalan lancar hingga terakhir,” ucap Surya pada acara simulasi yang dihadiri sejumlah Ketua Divisi, Jons Manedi, Ory Sativa Syakban dan Hamdan serta Sekretaris KPU Sumbar, Irzal Zamzami dan sejumlah pejabat struktural KPU Sumbar.

Hingga saat ini, lanjut Surya Efitrimen, Logistik sudah sampai di gudang KPU kabupaten dan kota, termasuk sebagian surat suara.

“Harapan kita, tidak ada permasalahan yang krusial saat hari H pemungutan suara. Karena itu simulasi ini dilakukan, untuk meminimalisir sekaligus mengkaji indikasi terjadinya permasalahan saat pemungutan suara,” kata Surya Efitrimen.

Ditambahkan Surya, jika pada pemilu 2024 terdapat 17.569 TPS, maka pada pilkada serentak ini terdapat 10.824 TPS di 19 kabupaten dan kota di Sumbar.

“Simulasi di TPS 006 ini dilakukan di TPS yang riil, termasuk acuan DPT, ketua dan anggota KPPS, Linmas, serta semua petugas dan badan adhoc lainnya. Semuanya riil sesuai dengan hari H nantinya,” pungkasnya.

Simulasi diawali dengan pendaftaran para pemilih di meja petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kemudian petugas  memanggil pemilih satu persatu sesuai urutan pendaftaran, untuk mengambil surat suara dan langsung mencoblos di bilik suara yang telah disiapkan.

Ketua KPU Kabupaten Padang Pariaman, Zainal Abidin menyampaikan terima kasih terpilihnya TPS 006 Korong Kabun, Kecamatan Batang Anai jadi lokasi simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Sumbar.

Apalagi dari data yang ada, Padang Pariaman pemilih nomor 4 terbanyak di Sumbar. Dan dari 17 kecamatan, Kecamatan Batang Anai merupakan pemilih terbanyak yakni 39.233 pemilih dari total DPT 324.361 ribu pemilih di Kabupaten Padang Pariaman.

“Harapan kami, dengan simulasi ini, pemilih di Kabupaten Padang Pariaman antusias mengikuti pilkada dan beramai ramai datang ke TPS masing-masing untuk mensukseskan pilkada serentak nasional 2024,” harap Zainal.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Simulasi, Rahman Al Amin dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini didasari UU No. 6 Tahun 2010 serta Peraturan KPU tentang tahapan pilkada serentak nasional 2024.

Sekaligus untuk menambah pemahaman masyarakat tentang proses pemungutan suara di pada pilkada Serentak serta memberi kemudahan bagi KPPS serta TPS dalam pelaksanaan pada hari H pemungutan suara nantinya.

“Simulasi diikuti 512 pemilih yang tercatat di DPT TPS 006, Korong Kabun, Nagari Sungai Buluh Selatan, Kecamatan Batang Anai. Simulasi dilakukan, mulai dari pencatatan pemilih hingga selesai penghitungan suara,” ujar Rahman.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat