Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Cuaca Ekstrim di Kota Padang Sebabkan Pohon Tumbang di 62 Titik, Hambat Akses Jalan dan Rusak Rumah Warga

TVRI Sumatera BaratIklim 19 September 2024 JAM 10:38:21 WIB

PADANG - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Padang pada Selasa, 17 September 2024 kemarin menyebabkan pohon tumbang di 62 titik. Akibatnya, sejumlah akses jalan terhambat, bahkan beberapa rumah warga dilaporkan rusak akibat tertimpa pohon.

Selain itu, berdasarkan laporan yang diterima dari BPBD Kota Padang, peristiwa angin puting beliung juga melanda di beberapa wilayah, bahkan menerbangkan atap rumah warga di tiga titik.

Wilayah yang terdampak diantaranya Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, dan Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji.

Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton mengatakan, beberapa rumah mengalami kerusakan parah pada bagian atap, namun hingga saat ini tidak ada laporan korban jiwa dari peristiwa tersebut.

"Untuk upaya pembersihan material dan evakuasi kita turunkan tim dari BPBD Kota Padang dengan 35 personel, dibantu oleh Satlinmas PP Kota Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), PLN, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), serta para pegiat kebencanaan," katanya, Rabu, 19 September 2024.

Sementara di kawasan Sitinjau Lauik, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, juga dilaporkan terjadi longsor yang menutup akses jalan dan mengancam beberapa rumah di sekitarnya. Tim gabungan langsung berupaya membersihkan material longsor dan melakukan pengamanan untuk mencegah kerugian lebih lanjut.

Hendri Zulviton, menyampaikan bahwa cuaca buruk ini masih berpotensi berlanjut dalam beberapa hari ke depan. Untuk itu ia mengimbau warga agar tetap waspada, terutama bagi yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir.

"Tim BPBD bersama instansi terkait terus bersiaga dan siap merespons setiap laporan dari masyarakat. BPBD juga mengajak masyarakat untuk segera melaporkan kejadian-kejadian darurat lainnya agar penanganan dapat dilakukan lebih cepat dan tepat guna mengurangi dampak bencana," tuturnya.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat