Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Solok

Memastikan Integritas Pilkada 2024: Upaya Bawaslu Kota Solok dalam Mengawasi Tahapan Pemilihan

TVRI Sumatera BaratSosial 17 September 2024 JAM 06:00:00 WIB

SOLOK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok Melakukan Persiapan Penanganan Potensi Kerawanan pada Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Bawaslu Kota Solok sedang mempersiapkan langkah-langkah untuk menangani potensi kerawanan dalam tahapan Pilkada 2024. Dengan memperkuat Sentra Gakkumdu, diharapkan dapat mencegah pelanggaran dan sengketa pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Rafiqul Amin, menjelaskan bahwa terdapat beberapa tahapan yang berpotensi mengalami pelanggaran, terutama pada tahapan pencalonan dan verifikasi berkas calon yang sedang berlangsung. Potensi pelanggaran seperti pemalsuan berkas perlu diwaspadai.

Oleh karena itu, diperlukan pengawasan yang ketat selama proses verifikasi pencalonan hingga penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) calon kepala daerah. Selain itu, dua tahapan lain yang berpotensi mengalami pelanggaran adalah tahapan kampanye dan tahapan pungut hitung. Pengawasan menyeluruh di semua tahapan tersebut sangat penting untuk menghindari permasalahan yang dapat berujung pada sengketa pemilu dan berakhir di Mahkamah Konstitusi.

Bawaslu juga berharap partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder terkait untuk turut serta dalam pengawasan pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan, sehingga terwujud pesta demokrasi yang jujur, adil, dan berintegritas.

Wartawan : Arie Pratama Stiawan
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat