Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Keunikan Tabek Asin: Kolam Alami di Agam dengan Air Asin yang Dikenal Mampu Mengobati Penyakit Kulit

TVRI Sumatera BaratLingkungan 09 September 2024 JAM 06:00:00 WIB

AGAM - Salah satu kolam alami di Kenagarian Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, dikenal sebagai Tabek Asin, sebuah kolam yang unik karena mata air yang mengalir dari Gunung Marapi memiliki tingkat keasinan tinggi. Meskipun daerah Batu Palano sangat jauh dari laut, kolam ini dikenal oleh masyarakat setempat dengan rasa air yang asin.

Salah seorang warga, Wendy, menjelaskan bahwa dari banyak aliran air yang berhulu di Gunung Marapi, hanya Tabek Asin yang memiliki rasa asin. Menurutnya, rasa asin ini dihasilkan oleh beberapa unsur kimia seperti aluminium, mangan, magnesium, kalsium, kalium, natrium, dan klorida, yang pekat bercampur dengan magma dan bebatuan pembentuk gunung api.

Tabek Asin juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal, sehingga menarik banyak pengunjung, bahkan dari luar daerah Kabupaten Agam, untuk mandi di sana. Wendy menambahkan bahwa air dari Tabek Asin digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan kulit dan irigasi. Namun, karena rasa asin yang sangat kuat, masyarakat tidak berani mengonsumsi air tersebut.

Wartawan : JEFRI WAHYUDI
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat