Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan di Polres Pariaman Naik Drastis: Total Mencapai 37 Kasus

TVRI Sumatera BaratKriminalitas 05 September 2024 JAM 06:00:00 WIB

PARIAMAN - Kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan kembali terjadi di wilayah hukum Polres Pariaman. Kali ini, seorang kakek diduga mencabuli anak sekolah dasar di daerah Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.

Kasus ini menambah daftar jumlah kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan yang ditangani jajaran kepolisian dari PPA Satreskrim Polres Pariaman, dengan total jumlah kasus telah mencapai 37 kasus terhitung dari Januari hingga Agustus 2024.  Jika dibandingkan dengan tahun 2023, terjadi kenaikan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan pada tahun 2024 yang mencapai 76 persen.

Pada tahun 2023, tercatat hanya 21 kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan dalam setahun, sedangkan pada tahun 2024, dari Januari hingga Agustus, sudah terjadi 37 kasus.

Kapolres Pariaman, Ajun Komisaris Besar Polisi Andrenaldo Ademi, mengajak semua pihak untuk bersama-sama menekan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan di wilayah hukumnya. Andrenaldo menghimbau tokoh masyarakat, tokoh agama, serta orang tua untuk mengawasi anak-anak dan keponakan mereka agar tidak menjadi korban pencabulan.

Dengan kerjasama tersebut, diharapkan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan dapat ditekan. Andrenaldo juga menjelaskan bahwa rata-rata anak yang menjadi korban pencabulan adalah anak-anak usia sekolah dasar, dan pelakunya mayoritas adalah orang terdekat yang berusia 40 tahun ke atas.

Untuk menekan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan, khususnya pencabulan, Andrenaldo menginstruksikan seluruh Bhabinkamtibmas untuk gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama di wilayah masing-masing, agar masyarakat lebih waspada dan ketat dalam menjaga anak-anak mereka. Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijaga dengan baik.

Wartawan : ABDUL SYAHRIL
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat