Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Polres Pasbar Mediasi Sengketa Sikabau Dengan Keltan Pwi Sikilang Parit

TVRI Sumatera BaratPolitik 23 Juli 2024 JAM 06:00:00 WIB

Membantu Menyelesaikan Persoalan Dan Menghindari Terjadinya Konflik Di Tengah Masyarakat, Polres Pasaman Barat Menggelar Mediasi Antara Masyarakat Sikabau Dengan Pengurus Kelompok Tani Pwi Dan Dalton Sikilang Parit Kemarin Di Aula Polres.

Mediasi Tersebut Dilaksanakan Pasca Terjadinya Kerusuhan Atau Saling Adu Argumen Di Lapangan Pada Hari Minggu Lalu. Antara Ratusan Masyarakat Sikabau Dengan Pekerja Dari Kelompok Tani Pwi Dan Kaltan Sikilang Parit.

Pendamping Hukum Masyarakat Sikabau Abdul Hamid Menegaskan Masyarakat Hanya Menuntut Hak Mereka Sesuai Dengan Penyerahan Tanah Ulayy Sebelumnya. Dan Adanya Peruntukan Plasma Untuk Masyarakat, Jika Tidak Menemukan Kesepakatan Saat Mediasi Mereka Berencana Akan Menempuh Jalur Hukum Untuk Mendapatkan Kepastian Kepemilikan Dan Hak Atas Plasma Tersebut.

Sementara Itu Kuasa Hukum Kelompok Tani Pwi Amiruddin Mengatakan, Penyerahan Dan Kepemilikan Lahan Kelompok Tani Tersebut Sudah Sesuai Dengan Regulasi Yang Ada.Termasuk Termasuk Adanya Perjanjian Dan Kesepakatan Pengurangan Lahan Dari 500 Hektar Menjadi 250 Hektar.

Sementara Itu Manajer Pt BPP Sanjaya Saragih Mengatakan Keberadaan Lahan Yang Disebut Kelompok Tani Pwi Dan Kelompok Tani Sikilang Parit Sudah Sesuai Dengan Peruntukan. Dan Membenarkan Posisi Lahan Tersebut Sesuai Dengan Apa Yang Saat Ini Terjadi Di Lapangan.

Meski Mediasi Berjalan Cukup Lama,  Namun Hingga Selesai Belum Ditemukan Kesepakatan. Kapolres Meminta Semua Pihak Menempuh Jalur Yang Ada/ Dan Menjaga Situasi Dan Kondisi Di Lapangan.

Wartawan : ANDIKA ADI SAPUTRA
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat