Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Kepulauan Mentawai

Bawaslu Identifikasi Kerawanan Pemilu Pilkada 2024

TVRI Sumatera BaratPolitik 22 Juli 2024 JAM 06:00:00 WIB

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat Dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai  Nasrullah Siritoitet Menuturkan, Kerawanan Pilkada Yang Sangat Krusial Di Bumi Sikerei Yaitu:"Terkait Pendistribusian Logistik Karena Faktor Geografis Dan Cuaca Di Kepulauan Mentawai". Selanjutnya, Isu Netralitas ASN Juga Merupakan Faktor Kerawanan Utama. Seperti Memihak Dan Berperan Menguntungkan Maupun Merugikan Salah Satu Peserta Kontestasi Politik Pada Pilkada 2024.

Dalam Perebutan Kursi Kekuasaan Kepala Daerah, Masyarakat Dalam Kelompok-Kelompok Pendukung Elit Politik Karena Perbedaan Pilihan. Sehingga Perlu Diantisipasi Permasalahan Sosial Hingga Di Ranah Kelompok Kecil Masyarakat.

Selain Itu, Kerawanan Juga Dapat Terjadi Pada Tahapan Pemungutan Suara, Manipulasi Data Pemilih, Penggunaan Surat Suara Lebih Dari Satu Kali, Dan Dugaan Pencoblosan Sisa Surat Suara Oleh Oknum Dalam TPS. Sehingga Penting Dilakukan Pengawasan Secara Melekat Oleh Pengawas Pemilu Dan Masyarakat. Pemetaan Kerawanan  Membantu Memberikan Gambaran Terkait Tantangan Yang Harus Dihadapi Pengawas Pemilu Guna Memastikan Pilkada Berjalan Aman, Adil, Dan Bebas Dari Kecurangan, Ia Menambahkan, Upaya Yang Dilakukan Guna Menurunkan Indeks Kerawanan Pemilihan Serentak Tahun 2024, Seperti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Yang Direncanakan Di Tiga Titik Yaitu Di Siberut Selatan, Sikakap, Dan Tuapejat. Serta  Sosialisasi Anti Politik Uang Yang Melibatkan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Dan Stakeholder Terkait Lainnya.

Harapannya Dengan Dukungan Dan Kerjasama Seluruh Pihak, Dapat Tercipta Atmosfer Politik Yang Sehat Dan Bermartabat, Tanpa Unsur Sara, Hoax,Dan Politik Uang.

Wartawan : Kornelia Septin Rahayu
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat