Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Bawaslu Dapati Sejumlah Temuan Dalam Pengawasan PSU DPD-RI

TVRI Sumatera BaratPolitik 16 Juli 2024 JAM 06:00:00 WIB

Tim Bawaslu Yang Melakukan Pengawasan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Calon DPD-RI Di Kabupaten 50 Kota Menemukan Sejumlah Kesalahan Tekhnis Yang Dilakukan Oleh Petugas KPPS Dalam Menjalankan Tugasnya Di Hari Pemilihan. Selain Menemukan Sejumlah Kesalahan Tekhnis, Tim Bawaslu Yang Melakukan Pengawasan Juga Melakukn Pencegahan Terhadap Berbagai Kesalahan Yang Dilakukan Oleh Petugas KPPS.

Diantaranya Penggunaan Sampul Pemilihan Presiden-Wakil presiden, Kotak Yang Tertukar Serta Adanya Rencana KPPS Yang Akan Melakukan Penutupan Proses Pemungutan Suara Sebelum Jadwal Berakhir, Petugas Kpps Bahkan Sudah Melakukan Persiapan Penghitungan Suara. Menurut Bawaslu Hal Itu Dilakukan KPPS Karena Jumlah Pemilih Yang Datang Ke TPS Untuk Memberikan Hak Pilihnya Minim.

Temuan Tersebut Ditindaklanjuti Petugas KPPS Dengan Menganggi Sampul Yang Tertukar Dengan Sampul Pemilihan DPD-RI Serta Tidak Melanjutkan Rencana Proses Penghitungan Suara Sebelum Berakhirnya Waktu Pemungutan.

Temuan Tersebut Didapatkan Tim Bawaslu Saat Melakukan Pengawasan Di Kecamatan Kapur Ix Dan Pangkalan. Meski Mendapati Sejumlah Temuan Dalam Pelaksanaan PSU DPD-RI, Namun Secara Keseluruhan Menurut Bawaslu, Seluruh KPPS Di Seluruh TPS Telah Melaksanakan Pemungutan Dan Penghitungan Suara Dengan Baik Tanpa Ada Kendala.

Antisipasi Kejadian Serupa Kembali Terulang Dalam Pemilihan Calon Bupati-Wakil Bupati 50 Kota Dalam Pemilihan Serentak Nasional Atau Pilkada Yang Akan Digelar 27 November Nanti, Bawaslu Ingatkan Jajaran Untuk Lebih Memahami Aturan, Sehingga Nantinya Tidak Terjadi PSU Pemilihan Calon Bupati-Wakil Bupati 50 Kota.

Di Kabupaten 50 Kota Dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD-RI Terdapat 1261 TPS Yang Tersebar Di 79 Nagari Dan 13 Kecamatan.

Wartawan : EDWARD
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat