Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Harga TBS tidak stabil

TVRI Sumatera BaratPertanian 15 Juli 2024 JAM 06:00:00 WIB

Sejak Enam Bulan Terakhir, Harga Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Atau TBS di Kabupaten Pasaman Barat Terbilang Berfluktuatif. Bahkan Perubahan Harga Terjadi Dalam 24 Jam Dengan Range Mencapai  Rp 100 Per Kilonya.

Sekarang Di Tingkat Pengepul Satu Kilogram TDS Dihargai Rp 2.100, Namun Untuk Daerah Yang Jauh Atau Sulit Dijangkau Berkisar Rp 1.900  PerKilonya. Perbedaan Harga Tersebut Dipengaruhi Kondisi Jalan Dan Daerah Kebun Sawit.

Iyul Salah Seorang Pengepul Sawit Di Kecamatan Pasaman Mengaku Harga Yang Berfluktuatif Secara Otomatis Akan Merugikan Petani, Karena Saat Ini Biaya Operasional Dan Perawatan Terutama Biaya Pupuk Terbilang Sangat Tinggi Bahkan Sebagian Besar Dari Mereka Tidak Mendapatkan Pupuk Bersubsidi Sehingga Harus Membeli Dengan Harga Yang Cukup Mahal.

Pedagang dan Petani Berharap, Ke Depan Harga TBS Bisa Berada di Atas Rp 2.500 Per Kilonya. Kondisi Itu Dinilai Bisa Menutupi Biaya Operasional Dan Perawatan Kebun Kelapa Sawit. Sebab Saat Ini Hasil Panen Petani Berkurang Jika Dibandingkan Dengan Beberapa Bulan Sebelumnya.

Ke Depan Petani Berharap, Pemerintah Bersama Dinas Terkait Bisa Melakukan Penetapan Harga, Khusus Untuk Petani Parsial Agar Tidak Merugikan. Serta Melakukan Pengawasan Secara Berkesinambungan Terhadap PPKS Atau Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit, Dalam Penetapan Harga Sehingga Tidak Merugikan Petani Termasuk Pengawasan Terhadap Pedagang Dalam Penggunaan Tera Timbangan.

Wartawan : Iyul pedagang
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat