Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

KPPS Keluhkan Rendahnya Partisipasi Pemilih

TVRI Sumatera BaratPemerintahan 14 Juli 2024 JAM 06:00:00 WIB

Tingkat Partisipasi Masyarakat Atau Pemilih Datang Menyalurkan Hak Suaranya Pada Pemungutan Suara Ulang, Atau PSU Anggota DPD Ri Di Kabupaten Pasaman Barat (pasbar) Masih Terbilang Rendah, Padahal KPPS Bersama Jajaran Sudah Menggelar Sosialisasi Dan Memberikan Cek Pemberitahuan Tentang Adanya Kegiatan PSU 13 Juli Kemarin.

KPPS Mengaku Saat Menyerahkan C Pemberitahuan Mereka Sudah Memberikan Penjelasan Kepada Masyarakat,  Agar Bisa Menyalurkan Hak Suaranya, Namun Di Beberapa TPS Jumlah Pemilih Yang Datang Hanya Berkisar 35 Hingga 45 Orang Per TPS, Namun Di Beberapa TPS Juga Terdapat Jumlah Pemilih Yang Mencapai 100 Orang, Padahal Jumlah DPT Mereka Melebihi Dari 150 Orang Hingga 300 Pemilih.

Ketua KPPS 05 Barat Elsi Melisa Putri Mengatakan Mereka Sudah Berusaha Maksimal Mengajak Pemilih Untuk Datang Menyalurkan Hak Suara. Namun Sebagian Dari Masyarakat Terlihat Tidak Hadir Dengan Berbagai Alasan. Meski Demikian Ia Mengaku Tahapan Pemungutan Suara Ulang Di TPS Nya Berjalan Dengan Lancar Dan Sesuai Dengan Waktu Yang Ditentukan Oleh KPU.

Secara Kuantitas, Jika Dibandingkan Saat Pileg Dan Pilpres Lalu Jumlah Pemilih Yang Datang Saat Ini Hanya Berkisar 25% Dari Total DPT,  Jumlah Ini Menunjukkan Bahwa Partisipasi Pemilih Pada Saat PSU Sangat Rendah.

Berdasarkan Informasi Dari KPPS Dan Pantauan Di Lapangan Partisipasi Tersebut Juga Terjadi Di TPS Lainnya Di Kabupaten Pasaman Barat (pasbar). Bahkan Beberapa Pemilih Baru Datang Ke TPS Setelah Satu Jam TPS Dibuka.

Wartawan : Andika
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat