Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Antisipasi Banjir Berkepanjangan Marga Mengalihkan Aliran Sugai

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 14 Juli 2024 JAM 06:00:00 WIB

Mengantisipasi Terjadinya Banjir Akibat Tersumbatnya Aliran Sungai Batang Kapa, Di Nagari Padang Harapan Kecamatan Sasak. Satu Unit Alat Berat Dari PT PHP Dikerahkan Untuk Membersihkan Sebagian Material Dan Membuka Aliran Sungai Baru.

Pengalihan Aliran Sungai Tersebut Terpaksa Dilakukan, Karena Tumpukan Sampah Di Sungai Sangat Panjang Dan Sangat Sulit Jika Dibersihkan Menggunakan Alat Berat. Warga Berharap Pasca Pembuatan Saluran Baru Ini Lahan Perkebunan Dan Pertanian Mereka Tidak Lagi Tergenang Banjir.

Sebelumnya Ratusan Hektar Lahan Kebun Dan Ladang Masyarakat Sekitar Rusak Parah Akibat Tergenang Banjir.  Bahkan Banjir Bisa Bertahan Lebih Dari Dua Bulan, Sehingga Ribuan Pokok Sawit Masyarakat Mati Dan Lahan Tidak Bisa Digarap.

Sekretaris Nagari Padang Harapan Anthoni Mengaku Perbaikan Dan Pembersihan Serta Pengalihan Aliran Sungai Ini Menilai Mampu Mencegah Banjir, Sehingga Berdampak Terhadap Kawasan Permukiman Dan Perkebunan Warga Sekitar. Selama Ini Ratusan Hektar Kebun Sawit Dan Ladang Warga Sulit Diolah Bahkan Tidak Bisa Berproduksi Akibat Banjir Berkepanjangan.

Berkat Bantuan Dan Kerjasama Dengan Perusahaan PT PHP Satu,  Pengalihan Air Tersebut Bisa Dilakukan Sehingga Ke Depan Warga Sekitar Tidak Lagi Mengeluh Dan Bisa Mengolah Kembali Tanah Mereka Lebih Produktif.

Genangan Air Dan Banjir Di Daerah Tersebut Sudah Menjadi Persoalan Sejak Beberapa Tahun Terakhir. Banyaknya Tumpukan Sampah Kayu Dan Material Dari Hulu Sungai Membuat Aliran Sungai Batang Kapa Itu Tersumbat. Sehingga Melebar Ke Lahan Masyarakat, Pasca Pengalihan Ini Lahan Masyarakat Diharapkan Mulai Mengering Dan Berharap Kondisi Ini Bisa Membaik.

Wartawan : Andika
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat