Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Kepulauan Mentawai

Kapal Pembawa Logistik PSU DPD RI untuk 18 TPS Hilang Kontak di Mentawai

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 13 Juli 2024 JAM 21:01:19 WIB

SUMBAR - Kapal pembawa logistik Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI untuk 18 TPS di Kepulauan Mentawai dilaporkan hilang kontak, Sabtu, 13 Juli 2024 sekitar pukul 07.00 WIB.

Kapolres Mentawai AKBP Rory Ratno mengatakan, akibat kejadian itu, logistik yang harusnya sudah sampai di TPS Kecamatan Pagai Selatan, hingga hari H dinyatakan tertunda.

"Sesuai dengan jadwal pendistribusian logistik PSU DPD RI, untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Pagai Selatan telah didistribusikan pada hari Kamis, 11 Juli 2024 pukul 08.00 WIB dari gudang logistik KPU Kabupaten Mentawai menuju PPK Pagai Selatan," katanya.

Selanjutnya kata Kapolres, pada Jumat, 12 Juli 2024 sekira pukul 10.30 WIB, boat berangkat dari Sikakap menuju Malakopak. Dikarenakan hujan di Malakopak, sehingga pada pukul 12.30 WIB petugas melanjutkan perjalanan menuju Dusun Limu & Surat Aban.

"Pada hari Sabtu, 13 Juni 2024 sekira pukul 09.00 WIB diketahui setelah menurunkan logistik PSU DPD RI di TPS LIMU (Dusun Limu) menuju TPS Surat Aban dinyatakan kehilangan kontak komunikasi (Lost Contac) dengan petugas yang melakukan pendistribusian. Diperkirakan petugas tersebut berlindung di lokasi yang aman karana cuaca dan gelombang yang tinggi," tambahnya.

Kapolres menyebut, untuk penumpang dalam boat 14 orang, yang terdiri dari operator dua orang, rekanan tiga orang dan PAM polisi sembilan orang. Sementara untuk perkiraan jarak tempuh dari Dusun Limu menuju Dusun Surat Aban memakan waktu 2 hingga 3 jam.

Diketahui, saat ini KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai telah berkoordinasi dengan berbagai pihak perihal kondisi terkini di 18 TPS tersebut dan bersama pihak kepolisian, Tim SAR gabungan, tim KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan penyusuran ke lokasi kejadian.

Atas kejadian ini, KPU Sumbar menginstruksikan KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mempersiapkan penetapan penundaan Pemilu di 6 TPS Desa Bulasat dan 12 TPS di Desa Sinakak, Kecamatan Pagai Selatan dan melaksanakan pemungutan suara susulan.

Hal ini berdasarkan ketentuan Pasal 110 dan 111 PKPU 25/2023 tentang putungsura pada pemilu 2024 yang berbunyi ‘Dalam hal di sebagian atau seluruh Dapil terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana alam, atau gangguan lainnya yang mengakibatkan seluruh tahapan pemungutan suara tidak dapat dilaksanakan, dilakukan pemungutan suara susulan.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar Ory Sativa Syakban menyebut, untuk pemungutan suara susulan dilaksanakan setelah dilakukan penetapan penundaan. Sementara jadwal pelaksanaan PSU susulan ditetapkan setelah diketahui kepastian kondisi logistik 18 TPS tersebut.

"Jika logistiknya dalam kondisi baik, kita meminta agar pemungutan suara susulan dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juli 2024, mengingat tanggal 14 Juli hingga 16 Juli 2024 sudah mulai dilaksanakan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Namun dengan konsekuensi, PPK, PPS dan KPPS di 18 TPS sesegera mungkin mendatangi lagi setiap rumah penduduk dan mensosialisasikan perihal PSU susulan tersebut," katanya.

Diketahui untuk hasil identifikasi logistik yang belum sampai ke lokasi TPS Kecamatan Pagai Selatan di Desa Sinakak terdapat 12 TPS dengan rincian

-TPS 1, Dusun Bungarayo jumlah DPT 277
-TPS 2, Dusun Kosai Bagat Sagai, jumlah DPT 190
-TPS 3, Dusun Kosai Baru l, jumlah DPT 40
-TPS 4, Dusun Aban Baga, jumlah DPT 282
-TPS 5, Dusun Boriai, jumlah DPT 115
-TPS 6, Dusun Sinakak, jumlah DPT 81
-TPS 7 , Dusun Matotonan, jumlah DPT 46
-TPS 8, Dusun Korit Buah, jumlah DPT 177
-TPS 9, Dusun Bubuget, jumlah DPT 128
-TPS 10, Dusun Mangka Baga, jumlah DPT 78
-TPS 11, Dusun Mangka Ulu, jumlah DPT 133
-TPS 12, Dusun Mabolak Selatan, jumlah DPT 195

Total jumlah DPT 1.742

Selanjutnya Desa Bulat, terdapat 14 TPS, diantaranya 8 TPS melalui jalur darat dan diketahui sudah sampai ke lokasi TPS dan 6 TPS melalui jalur laut sebagai berikut :

-TPS 09 Dusun Limoksua, jumlah DPT 123
-TPS 10, Dusun Limu, jumlah DPT 102
-TPS 11, Dusun Maonai, jumlah DPT 99
-TPS 12, Dusun Mapinang, jumlah DPT 127
-TPS 13, Dusun Surat Aban, jumlah DPT 208
-TPS 14, Dusun Surat Aban Jago Laggai + Ombak Simeru, jumlah DPT 80

Total jumlah DPT 739

Berdasarkan informasi yang diterima, logistik untuk Sinakak dibawa dengan boat melalui pantai barat dengan rute Malakopa - Maonai - Limu - Surat Aban dan terakhir ke Sinakak. Sementara yang melalui pantai timur hanya mengangkut logistik untuk Makalok dengan menggunakan boat kecil.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat