Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Gunung Marapi Sumbar Kembali Erupsi, Kolom Abu Capai 1.000 M di Atas Puncak

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 08 Juli 2024 JAM 12:16:38 WIB

SUMBAR - Gunung Marapi Sumatera Barat kembali erupsi pada Senin, 8 Juli 2024, pukul 09.17 WIB. Berdasarkan laporan dari petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA), Teguh Purnomo, kolom abu mencapai ± 1.000 m di atas puncak (± 3.891 m di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 15.9 mm dan durasi ±  34 detik," katanya.

Lebih lanjut Teguh Purnomo menegaskan, untuk saat ini status Gunung Marapi masih berada pada level II (waspada). 

Dengan status tersebut, pihaknya merekomendasikan kepada masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

Kemudian masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan. 

"Dan jika terjadi hujan abu maka masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Selain itu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh," jelasnya. 

Ia juga mengimbau seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat