Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Desain Surat Suara PSU Telah Disetujui Calon DPD di Sumbar

TVRI Sumatera BaratPolitik 28 Juni 2024 JAM 22:31:26 WIB

PADANG - Desain surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Barat (Sumbar) telah di finalisasi, Kamis, 27 Juni 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mengundang semua calon DPD membahas desai surat suara tersebut. 16 calon DPD RI itu telah membubuhkan tandan tangan approval desain surat suara yang digunakan pemilihan PSU pada 13 Juli 2024 mendatang.

"Desain surat suara telah disetujui dan telah  dibubuhkan tanda tangan oleh calon DPD  untuk PSU," ujar Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar Ory Sativa Syakban, Jumat, 28 Juni 2024.

Dikatakannya, desain surat suara yang telah disetujui tersebut akan dikirimkan ke pihak penyedia untuk kepentingan pencetakan Surat Suara DPD RI Sumbar. 

"Ya, desain surat suara selesai dan telah ditanda tangani oleh DPD. Kami akan langsung mengirimkannya ke percetakan l," ujar mantan Komisioner KPU Padang Pariaman ini.

Terkait publikasi, kata Ory, KPU Sumbar memastikan hasil PSU DPD tetap menggunakan Sirekap. "Sirekap ini merupakan bagian dari keterbukaan informasi dan sebagai Notice Board, tidak lagi menampilkan grafik perolehan suara," ujarnya. 

Di sisi lain, KPU Sumbar bersama KPU kabupaten dan kota juga mempersiapkan penyelenggara ad hoc Pilkada 2024, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Mereka akan diberikan tugas tambahan untuk menyelenggarakan PSU DPD RI Dapil Sumbar serta mempersiapkan pencermatan terhadap DCT, Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang akan menggunakan hak pilihnya.

"Langkah ini diharapkan dapat memastikan kelancaran proses PSU dan keterlibatan aktif dari semua pihak yang terkait," ucapnya.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat