Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Kapolda Sumbar Sebut 17 Personil Polisi Langgar SOP Saat Amankan Remaja Tawuran di Kuranji Padang

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 27 Juni 2024 JAM 19:59:52 WIB

PADANG - Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyebut, berdasarkan hasil pemeriksaan 49 saksi pada kasus tawuran remaja di daerah Kuranji, Kota Padang pada Minggu, 9 Juni 2024 lalu, 17 saksi yang merupakan personil polisi diduga melanggar SOP saat mengamankan 18 pelaku tawuran.

Namun Kapolda menegaskan, pelanggaran SOP yang dimaksud tidak berkaitan dengan meninggalnya Afif Maulana, salah seorang pelajar SMP yang mayatnya ditemukan di bawah jembatan di lokasi kejadian.

Dikatakan Kapolda, 17 personil tersebut merupakan anggota Sabhara yang melakukan patroli dan pembubaran aksi tawuran pada saat kejadian.

"‎Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan terhadap 40 anggota, 17 anggota diduga melanggar kode etik, menyalahi SOP saat melakukan pengamanan dan pemeriksaan 18 pelaku tawuran," katanya, Kamis, 27 Juni 2024.

Dikatakan Kapolda, dengan sudah diumumkannya anggota yang melakukan pelanggaran, maka akan segera ditindaklanjuti dengan proses sidang kode etik. Untuk proses penanganannya sendiri, pihaknya sudah mendatangi TKP dan juga mendengar langsung keterangan saksi kunci, ini bisa meluruskan isu yang beredar di publik.

Kapolda menambahkan, adanya informasi yang beredar di media terkait 18 pelajar yang diduga tawuran tersebut, saat diamankan disulut rokok, dipukul, ditendang terhadap 18, sudah diakui Polda Sumbar. Hanya memang perlu tahapan lanjutan, karena ketika ditanya siapa yang menyulut kepada korban, mereka tidak mengenal pelakunya, karena pakaian preman.

"Ini perlu didalami dengan pengenalan wajah. Jadi ini masih ada beberapa tahap, sampai dengan nanti pemberkasan selesai dan maju ke sidang kode etik. Kelanjutannya akan kami sampaikan. Tahap pertama saat ini, kami sampaikan siapa yang diduga melakukan pelanggaran kode etik," ujar Suharyono.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat