Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Berjualan di Badan Jalan dan Abaikan Teguran Petugas, Sejumlah Lapak Milik PKL Ditertibkan Satpol PP Padang

TVRI Sumatera BaratSosial 25 Juni 2024 JAM 08:19:42 WIB

PADANG - Satpol PP Kota Padang bersama pihak Kecamatan Lubuk Begalung kembali melakukan penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di badan jalan di depan Kampus UPI, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Senin, 24 Juni 2024 sore.

Kasat Pol PP Padang, Chandra Eka Putra menilai, kehadiran PKL di badan jalan dapat mengganggu arus lalu lintas dan meningkatkan risiko kecelakaan bagi pengendara serta pejalan kaki.

"Pedagang yang berjualan di badan jalan seringkali membuat area menjadi semrawut dan kotor, yang dapat merusak estetika kota dan mengurangi kenyamanan umum. Selain itu, badan jalan menjadi sempit, karena parkir pembeli juga di badan jalan, jika dibiarkan bisa menimbulkan ganguan trantibum di lokasi," ujarnya.

Chandra menambahkan, kerena di kawasan tersebut, pedagang sudah sering sekali diberikan teguran oleh petugas, kali ini terpaksa dilakukan tindakan tegas, dengan mengamankan sejumlah barang bukti di lokasi.

"Ada, tenda lipat, tabung gas, terpal, kursi, serta gerobak milik PKL. Ini kita lakukan untuk memberikan efek jera terhadap pedagang, selain itu kita juga panggil PKL tersebut untuk datang ke Mako Satpol PP," tegas Chandra. 

Ia menyebut, PKL yang berada di sepanjang Jalan Raya Lubuk Begalung tersebut telah melanggar Perda 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

"Larangan berjualan di badan jalan bertujuan untuk memastikan keselamatan, ketertiban, dan keadilan dalam penggunaan ruang publik. Jadi kami imbau kepada warga Kota Padang agar tetap mematuhi aturan yang berlaku dan jangan berjualan di trotoar dan badan jalan serta fasilitas umum lainnya," harap Chandra Eka Putra.

Selain itu, dirinya menegaskan anggotanya akan terus melakukan pengawasan dan penertiban secara rutin dan bertahap.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat