Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang Laksanakan Salat Idul Adha Hari ini

TVRI Sumatera BaratKeagamaan 15 Juni 2024 JAM 19:10:40 WIB

PADANG - Puluhan umat muslim Tarekat Naqsabandiyah aliran Syekh Muhammad Thaib di Surau Baru, di Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengelar salat Hari Raya Idul Adha pagi ini, Sabtu, 15 Juni 2024.

Pelaksanaan salah Idul Adha ini diikuti dengan khidmat oleh puluhan masyarakat Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang dan sekitarnya. Salat dimulai sekitar pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.18 WIB. Tampak masyarakat juga antusias mendengarkan khotbah yang disampaikan imam.

Pengurus sekaligus Imam Surau Baru, Zahar, menyebut jemaah salat Idul Adha Surau Baru yang datang pada hari ini bukan hanya dari Kota Padang, melainkan juga ada dari Kabupaten Solok.

"Peserta salat Idul Adha kita juga ada yang datang dari Solok, jadi bukan dari Padang saja yang salat di sini," kata Zahar.

Usai salat, Zahar mengatakan pihaknya langsung menggelar penyembelihan 2 ekor kambing yang diberikan oleh cicit Syekh Muhammad Thaib. Daging kambing itu akan diberikan kepada jemaah. Sementara esok harinya disambung dengan penyembelihan 1 ekor sapi.

Sebelumnya, penentuan Hari Raya Idul Adha ini sudah dilalukan sejak Ramadan lalu dengan menggunakan metode hisab, rukyat, dalil, ijmak, dan qiyas.

"Sebaran Surau kami yang melaksanakan Salat Idul Adha pada Sabtu, 15 Juni 2024 ada 14 dengan rincian 10 di Padang, 2 Solok, dan 2 lagi di Pesisir Selatan. Jadi total 14 Surau yang mengikuti aliran Syekh Muhammad Thaib yang melaksanakan salat Idul Adha padi hari ini," kata Zahar.

Dengan dilaksanakan salat Idul Adha Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang hari ini, maka di Sumbar akan diadakan tiga kali salat Idul Adha pada tahun ini.

Di mulai dari Naqsabandiyah di Kota Padang yang baru selesai melaksanakan salat pada pagi ini, Sabtu, 15 Juni 2024, disusul pemerintah, NU, dan Muhammadiyah pada Senin, 17 Juni 2024 dan ditutup Tarekat Syattariyah di Padang Pariaman pada Rabu, 19 Juni 2024.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat