Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Angka Kematian Ibu di Padang Masih Tinggi, Dinkes: 30 Kasus Sepanjang 2023

TVRI Sumatera BaratKesehatan 11 Juni 2024 JAM 20:52:24 WIB

PADANG - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Srikurnia Yati mengatakan Angka Kematian Ibu (AKI) di Kota Padang masih tinggi.

"Tahun 2022 turun menjadi 17 kasus, 2023 naik lagi jadi 30 kasus, di tahun 2024 sampai bulan Mei ini ada 4 kasus yang terdata," ujarnya.

Srikurnia menjelaskan, faktor penyebab terjadinya AKI di Kota Padang diantaranya banyak ibu yang tidak memeriksakan kehamilannya.

"Faktor penyebabnya masih banyak ibu hamil kita, belum ada kemauan memeriksakan diri secara dini. Triwulan 1 dan 2 anteng saja, tidak ada masalah. Sehingga tidak terdeteksi jika ada ibu hamil yang beresiko dari awal," katanya.

Ia menyebut, cara mencegah AKI yaitu dengan memberikan edukasi pada ibu pentingnya skrining selama kehamilan minimal 6 kali.

"Bagi ibu hamil minimal harus 6 kali memeriksakan kandungannya. Ada 24 puskesmas di Kota Padang yang punya alat usg untuk menskrining apakah ada permasalahan dalam kehamilan," tuturnya.

Ia juga mengimbau ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya.

"Ayo ibu hamil periksa kandungannya, dengan 6x pemeriksaan berkala dan laborium lengkap bisa terlindungi dan faktor resiko bisa terdeteksi. Apakah butuh rujukan, jaminan kesehatan," katanya.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat