Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok

Seekor Harimau Sumatera Berkeliaran di Pekarangan Masjid Lubuk Lasiah Kabupaten Solok

TVRI Sumatera BaratLingkungan 31 Mei 2024 JAM 17:29:01 WIB

SOLOK - Seekor harimau Sumatera terekam kamera CCTV tengah berkeliaran di pekarangan Masjid H Alius, Lubuk Lasiah, Kabupaten Solok, Kamis, 30 Mei 2024 sekitar pukul 00.31 WIB.

Beredarnya video itu di berbagai media sosial menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, mengingat masjid tersebut selain sebagai tempat ibadah juga menjadi tempat pemberhentian bagi pengendara yang melintas.

Diketahui lokasi Masjid H Alius berada di tepi jalan lintas Padang-Solok yang biasa dimanfaatkan pengendara untuk salat dan beristirahat.

Terkait kondisi itu, Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Tim Patroli Anak Nagari (Pagari) langsung turun ke lokasi untuk melakukan upaya mitigasi dan edukasi kepada masyarakat.

Menurut Kepala BKSDA Sumbar, Lugi Hartanto, timnya mendapat laporan pada Kamis dini hari sekira pukul 02.00 WIB. Tim langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penanganan.

"Tim melakukan upaya penggiringan satwa ke habitatnya yang berbatasan langsung dengan pemukiman warga di kawasan hutan," jelas Lugi lewat keterangan tertulis, Jumat, 31 Mei 2024.

Ia menjelaskan, upaya penggiringan dilakukan agar masyarakat merasa tenang dan tidak terjadi korban jiwa, baik dari pihak manusia maupun satwa.

"Tim gabungan yang terdiri dari BKSDA Sumbar, Tim Pagari, Polsek Gunung Talang, Polres, Bhabinsa, dan Pemerintahan Nagari, bekerja sama untuk menghalau harimau tersebut," sambungnya.

"Hingga malam hari, tim gabungan masih melakukan penghalauan bersama. Kami juga memantau pergerakan harimau melalui kamera CCTV" ujar Lugi.

Selain itu, upaya pencegahan yang dilakukan adalah dengan membunyikan meriam karbit agar satwa tidak mendekati lagi wilayah pemukiman.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat