Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Dampak Luapan Air Sungai, Satu Rumah di Tanah Datar Rusak Parah

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 01 Mei 2024 JAM 19:35:21 WIB

TANAH DATAR - Satu rumah warga di Jorong Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) diterjang luapan air sungai, Selasa, 30 April 2024, malam.

 

Wali Nagari Batu Taba, Yendra Gusri Y membenarkan kejadian itu. Dikatakannya, air sungai meluap akibat debit air sungai yang naik.

 

"Air meluap setelah hujan dengan intensitas tinggi terjadi sejak sore. Ada satu rumah warga mengalami rusak parah dan tidak bisa dihuni," katanya, Rabu, 1 Mei 2024.

 

Yendra mengatakan, rumah yang terdampak berpenghuni lima orang yang terdiri dari suami istri dan 3 orang anaknya. Untuk kerusakan lainnya akibat luapan sungai tidak ada.

 

"Kondisi rumah tersebut sebagiannya terbawa arus sungai, sehingga tidak bisa lagi ditempati. Sementara penghuninya untuk sementara mengungsi ke rumah tetangga," ujarnya.

 

Sedangkan kondisi saat debit air sudah kembali normal. Pihaknya telah melakukan gotong royong bersama warga lain, BPBD Tanah Datar dan perangkat nagari lainnya.

 

"Pagi tadi kita bersama-sama membersihkan puing-puing rumah yang diterjang air sungai. Kondisinya sudah normal kembali," ungkapnya.

 

Meski demikian, Yendra meminta warganya yang berada dipinggir sungai untuk tetap waspada, karena kondisi cuaca masih belum menentu. 

 

"Kita takutkan jika hujan deras, air sungai akan kembali meluap. Untuk itu, kepada warga kami yang tinggal di pinggir sungai tetap waspada," pungkasnya. 

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat