Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

MENGKHAWATIRKAN, GERUSAN ALIRAN SUNGAI DI AIA GADANG

TVRI Sumatera BaratLingkungan 04 Februari 2023 JAM 06:00:00 WIB

Kondisi jembatan Batang Saman dan permukiman warga di sekitar jorong pasir bintungan, kabupaten Pasaman Barat sangat mengkhwatirkan. gerusan air dari aliran sungai batang Pasaman, terus menerus terjadi dan samakin dekat dengan permukiman. Jarak antara bibir sungai dengan jembatan dan permukiman warga, hanya beberapa meter saja. Jika tidak segera ditanggulangi, puluhan rumah warga terancam masuk ke sungai, dan satu aset nasional berupa jembatan akan rusak.

Gerusan air tersebut akan semakin parah, saat volume air meningkat atau musim penghujan datang. Bahkan beberapa rumah warga terpaksa dibongkar demi menyelamatkan bagian yang berharga, dan mengindari korban jiwa dan kerugian lebih besar. Warga mengaku kejadian ini sudah berlangsung sejak dua tahun terakhir. perubahan aliran sungai menjadi faktor utama air menuju ke permukiman dan jembatan. mereka samakin takut, saat hujan terjadi.

PJ wali nagari Aia Gadang Saiful mengatakan, kejadian tersebut sudah ditanggapi oleh pemerintah, bahkan beberapa kali pertmuan dan rencana sudah digelar untuk penyelamatan permukiman dan jembatan dari ancaman erosi. bahkan kondisi itu sudah dilaporkan kepada pemerintah provinsi dan pusat, berharap bisa segera ditangani.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat