Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

BAWASLU PESSEL LIBATKAN PANWASCAM TERPILIH AWASI VERFAK KEANGGOTAAN PARPOL

TVRI Sumatera BaratPolitik 02 November 2022 JAM 06:00:00 WIB

Dengan keterbatasan jumlah pengawas pemilu di tingkat kabupaten, saat ini BAWASLU Pesisir Selatan sudah mulai memerintahkan jajaran PANWASLU kecamatan untuk mengawasi tahapan verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPUD setempat. Anggota BAWASLU Pesisir Selatan,Ariski Elfandi menegaskan, pengawasan verifikasi faktual keanggotaan partai politik tidak hanya dilakukan oleh BAWASLU tapi juga dibantu melalui jajaran PANWASLU kecamatan. Pengawasan dilakukan dengan mendatangi rumah anggota partai politik yang menjadi sampel verifikasi faktual dan memastikan tim verifikator KPU sudah melakukan verifikasi faktual sesuai dengan peraturan, sesuai KPU nomor 4 tahun 2022 serta tata cara pengawasan yang diatur melalui peraturan BAWASLU dan surat edaran BAWASLU.

 

Pola dalam verifikasi tersebut diantaranya dengan cara mencocokan kebenaran dan kesesuaian data yang diinput ke dalam sistem informasi partai politik dengan identitas anggota pada KTP/KK atau KTA.

Anggota BAWASLU Pesisir Selatan Ariski Elfandi meminta anggota PANWASLU kecamatan untuk  dapat memahami setiap regulasi pada setiap tahapan pemilu 2024,Sehingga dalam pelaksanaan pengawasan tidak memiliki keraguan dan dapat melaksanakan tugas dengan professional.

 

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat