Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

HARGA GETAH NAIK, PETANI KARET DI SALIBUTAN LUBUAK ALUNG SENANG

Kontributor DaerahEkonomi 10 Februari 2021 JAM 06:50:44 WIB

Petani karet di Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuak Aluang, Kabupaten Padang Pariaman mulai senang, karena harga getah karet kembali naik. Harga karet saat ini naik dari harga 6 ribu rupiah menjadi 10 ribu rupiah perkilogramnnya. Para petani karet di Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuak Aluang, Kabupaten Padang Pariaman ini mengaku senang. Karena setelah beberapa bulan terakhir harga karet anjlok hingga harga dibawah enam ribu rupiah. Bahkan kini para petani kembali merawat perkebunan karet mereka yang kondisinya dipadati ilalang dan semak belukar. Perkebunan tersebut dibiarkan tinggal selama ini, karena harga karet tidak menguntungkan.

Namun saat ini, harga getah karet mengalami kenaikan dan ditampung tengkulak seharga 10 ribu rupiah perkilonya. Petani berharap kenaikan karet bisa bertahan lama agar  ekonomi petani kembali membaik. Edi Yarman salah satunya, petani karet tersebut merasa lega setelah harga karet mulai naik meskipun tidak signifikan. Karena sejak harga karet turun, banyak pemilik kebun karet yang putus asa dan terpaksa beralih profesi sebagai penambang pasir di sungai.

Bahkan, sebagian mereka terpaksa menjual atau menggadaikan lahan perkebunan karet miliknya ke tetangga maupun saudara. Petani karet berharap pemerintah dapat melindungi petani karet dengan kebijakan yang bisa menguntungkan mereka. Agar kedepan ekonomi mereka bisa lebih baik.

 

Wartawan : ABDUL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat