Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Selasa, 23 Juli 2019

08 : 02PAGI KITA
09 : 00SENANDUNG MINANG
09 : 30BARAJA MANGAJI
16 : 04SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00DIALOG FOKUS KITA
 
Informasi

 
Sosial Media
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang21 Februari 2018 - 06:00 WIB
RUU KUHP diharapkan tidak mengancam kebebasan Pers
RUU KUHP diharapkan tidak mengancam kebebasan Pers

Reporter : Harmalia • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Beberapa pasal dalam rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana RUU KUHP dinilai mengancam kebebasan Pers. Untuk itu Komisi Informasi KI Sumatera Barat meminta DPR dan Pemerintah mempertimbangkan kembali beberapa pasal tersebut agar sejalan dengan Undang-Undang Pers dan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Sejumlah pihak menyayangkan adanya perubahan pasal yang terdapat pada Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana RUU KUHP.

Beberapa pasal tersebut mengancam kemerdekaan dan sikap kritis jurnalis, antara lain jurnalis rawan diskriminalisasi mengancam kebebasan berekspresi dan berpendapat setiap warga dapat memberengus proses berdemokrasi dan tidak melindungi rakyat serta tidak sejalan dengan spirit Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Pasal-Pasal yang dimaksud diantaranya Pasal 309 Ayat Satu tentang Berita Bohong, Pasal 328, 329, Pasal 494 tentang Tindak Pidana Pembukaan Rahasia, Pasal 262, 264 tentang Penghinaan Terhadap Presiden dan Wakil Presiden, dan Pasal 284, 285 tentang Penghinaan Terhadap Pemerintah.

Terkait hal ini Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat  meminta DPR dan pihak terkait agar mempertimbangkan keberadaan Undang-Undang Pers dan tidak mengancam kebebasan Pers dalam memberikan informasi kepada publik. Sementara pihaknya juga berharap RUU KUHP ini kedepannya bisa menjadi pedoman hukum bagi warga Indonesia dan tidak menjadi aturan yang membatasi masyarakat dalam mendapatkan informasi.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa