Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Selasa, 21 November 2017

Rangkaian acara pada hari Selasa, 21 November 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,3SR
21-Nov-17 06:41:55 WIB
Kedalaman 15 Km
52 Km Northwest Niasutara-sumut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang12 Oktober 2017 - 06:28 WIB
Pemprov Tidak Fokus Dengan Program Pertanian Dan Peternakan
Pemprov Tidak Fokus Dengan Program Pertanian Dan Peternakan

Reporter : Novika/ Agusri • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Pemerintah Provinsi dinilai masih belum fokus terhadap program disektor Pertanian dan Peternakan. Hal ini tampak dari minimnya perhatian kepada Penyuluh dan pencapaian Swasembada Ternak. Pemerintah Provinsi diminta tidak terlalu menciptakan banyak program yang mengakibatkan tidak fokusnya penuntasan pada satu program. Menurut Anggota Komisi III DPRD Sumbar Muzli M.Nur hal ini sudah tampak pada sektor peternakan dan pertanian. Dimana saat ini pemerintah belum menargetkan Swasembada ternak. Padahal untuk pakan ternak di Sumatera Barat ini tidak terbilang sulit bahkan cukup.

Terlebih saat ini untuk peternakan sapi kelompok lima sampai 10 ke atas dibantu oleh perbankan beruapa dana kelompok karena ada jaminan dari asuransi yang juga disubsidi oleh pemrintah sehingga dari satu ekor sapi peternak hanya perlu mengeluarkan biaya asuransi sebesar 40 ribu rupiah. Motivasi ini kurang jalan ditengah masyarakat mengingat masih tingginya potensi kematian pada hewan ternak sapi. Seharusnya Sumatera Barat juga mampu menjadi penyangga ternak sapi secara Nasional.  Selain itu perhatian kepada para penyuluh juga terbilang minim.

Padahal peran mereka sangat penting untuk menyukseskan suatu program. Hal ini tampak dari sekitar 400 penyuluh di Sumbar, kebutuhan dari 20 persen diantaranya belum mampu dipenuhi pemerintah. Muzli M.Nur juga menilai kurangnya respon pemerintah terhadap kebijakan Nasional dimana peran bulog lebih dimaksimalkan. Dimana seharusnya koordinasi antara pemerintah dengan pihak Bulog setiap masa panen besar mampu mengatasi kesulitan petani yang sulit menjual dengan harga pantas bahkan sering membusuk.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat