Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pemprov Tidak Fokus Dengan Program Pertanian Dan Peternakan

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 12 Oktober 2017 JAM 06:28:03 WIB

Pemerintah Provinsi dinilai masih belum fokus terhadap program disektor Pertanian dan Peternakan. Hal ini tampak dari minimnya perhatian kepada Penyuluh dan pencapaian Swasembada Ternak. Pemerintah Provinsi diminta tidak terlalu menciptakan banyak program yang mengakibatkan tidak fokusnya penuntasan pada satu program. Menurut Anggota Komisi III DPRD Sumbar Muzli M.Nur hal ini sudah tampak pada sektor peternakan dan pertanian. Dimana saat ini pemerintah belum menargetkan Swasembada ternak. Padahal untuk pakan ternak di Sumatera Barat ini tidak terbilang sulit bahkan cukup.

Terlebih saat ini untuk peternakan sapi kelompok lima sampai 10 ke atas dibantu oleh perbankan beruapa dana kelompok karena ada jaminan dari asuransi yang juga disubsidi oleh pemrintah sehingga dari satu ekor sapi peternak hanya perlu mengeluarkan biaya asuransi sebesar 40 ribu rupiah. Motivasi ini kurang jalan ditengah masyarakat mengingat masih tingginya potensi kematian pada hewan ternak sapi. Seharusnya Sumatera Barat juga mampu menjadi penyangga ternak sapi secara Nasional.  Selain itu perhatian kepada para penyuluh juga terbilang minim.

Padahal peran mereka sangat penting untuk menyukseskan suatu program. Hal ini tampak dari sekitar 400 penyuluh di Sumbar, kebutuhan dari 20 persen diantaranya belum mampu dipenuhi pemerintah. Muzli M.Nur juga menilai kurangnya respon pemerintah terhadap kebijakan Nasional dimana peran bulog lebih dimaksimalkan. Dimana seharusnya koordinasi antara pemerintah dengan pihak Bulog setiap masa panen besar mampu mengatasi kesulitan petani yang sulit menjual dengan harga pantas bahkan sering membusuk.

Wartawan : Novika/ Agusri
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat