Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Jembatan Batang Turawan Amblas

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 11 Oktober 2017 JAM 06:04:46 WIB

Jembatan sungai batang Turawan yang terletak di jorong Turawan Nagari Tigo Koto Kecamatan Rambatan Tanah Datar  amblas. Akibatnya aktivitas warga Nagari Tigo Koto menjadi terganggu. Beginilah kondisi jembatan sungai batang Turawan pasca amblas, kondisi dinding  jembatan terlihat retak-retak yang menganga. Di pangkal jembatan terlihat warga memasang palang dengan mengunakan bambu supaya warga tidak melintas.

Meski jembatan sebagian telah dibawa air, warga masih banyak yang nekad melintas di jembatan tersebut baik yang berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua. Ninik Mamak jorong Turawan Datuak Rajo Nan Sati mengatakan jembatan amblas secara mendadak, penyebabnya belum diketahui padahal saat itu tidak ada hujan atau pun banjir, namun sebelumnya sungai tersebut pernah meluap dan mengerus pondasi jembatan sehingga berlobang cukup  besar, namun hanya diperbaiki seadanya saja.

Jembatan batang Turawan ini pertama kali dibangun pada tahun 60 an kemudian di perlebar pada tahun 2014. Jembatan ini menghubungkan 10 jorong di Nagari Turawan sehingga 5000 warga yang menuju ke Nagari Turawan atau ke Batusangkar akan  berjalan memutar ke Golo Gandang dengan jarak sekitar 15 km sementara melalui jembatan tersebut hanya menempuh jarak 5 atau 6 km saja.

Datuak Rajo Nan Sati berharap kepada pemerintah agar jembatan tersebut segera di perbaiki karena jembatan tersebut merupakan akses penghubung bagi warga Nagari Sepuluh Koto menuju pusat kota dan jorong lainnya.

Wartawan : Robiham
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat