Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

Tidak Semua Kota Kabupaten Swasembada Pangan Di Atas 5 Persen

Kontributor DaerahPemerintahan 02 Oktober 2017 JAM 06:19:53 WIB

Tidak semua kota kabupaten di Sumatera Barat mencapai swasembada pangan. Salah satunya adalah kota Sawahlunto yang mengalami kemarau panjang pada tahun lalu.

Gubernur sumatera barat menjelaskan tidak semua kota dan kabupaten di provinsi ini mencapai target nasional swasembada pangan. Hal tersebut dikarenakan beberapa daerah mengalami kemarau panjang dan minimnya lahan pertanian. Salah satunya adalah kota Sawahlunto yang tidak mencapai swasembada pangan. Kota Sawahlunto mengalami kemarau panjang pada tahun 2016 lalu, dimana lebih dari 200 hektar lahan pertanian mengalami puso.

Selain itu struktur dan luas tanah di Sawahlunto sangat kecil sehingga tidak bisa diperluas. Meski demikian, secara nasional Sumatera Barat termasuk sukses dalam swasembada pangan yaitu di atas 5 persen. Pemerintah bertekad mempertahankan capaian tersebut dan meminta kabupaten kota meningkatkan swasembada pangan khususnya swasembada padi. Saat ini kebutuhan pangan di Sumatera Barat sekitar 1,4 juta ton pertahun sementara jumlah produksi mencapai 2,6 juta ton pertahun.

 

Wartawan : INSAN KAMIL DAKOGA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat