Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Dua Ekor Harimau Dikembalikan ke Habitatnya

Kontributor DaerahLingkungan hidup 02 Oktober 2017 JAM 06:44:06 WIB

Setelah hampir dua minggu dititip dan dirawat di taman hutan kota dan satwa kabupaten Pasaman Barat, akhirnya dua ekor harimau dahan yang ditangkap warga di evakuasi oleh BKSDA Sumatera Barat, dilepas liarkan ke habibatnya di sekitar Rimbo Panti. Dua ekor harimau dahan yang ditangkap oleh warga Pasaman Barat beberapa waktu lalu, akhirnya di evakuasi dan dijemput oleh petugas dari BKSDA Sumatera Barat, dari taman hutan kota dan satwa Pasaman Barat.

Untuk memudahkan evakuasi dua ekor harimau yang masuk kategori apendik satu tersebut, petugas terpaksa membius keduanya. Setelah keduanya tertidur, petugas langsung mengeluarkannya dari kandang sementara dan dibawa ke mobil untuk dikembalikan ke habibatnya, di sekitar Rimbo Panti. Menurut kepala Seksi wilayah satu BKSDA Sumatera Barat Kahril Ramadhan, timnya menjemput dua ekor Harimau tersebut, setelah menerima laporan dari masyarakat, melalui pihak taman hutan kota Pasaman Barat, tentang tertangkapnya dua ekor harimau dahan oleh masyarakat di kawasan Simpang Tiga dan Sukomananti.

Saat dievakuasi, kondisi kedua ekor harimau dahan tersebut sangat sehat,  namun hanya terdapat sedikit luka lecet dibagian ekor, diduga luka tersebut terjadi saat masyarakat menangkapnya, namun hal tersebut tidak mempengaruhi kondisi harimau. Melihat kejadian ini, petugas dari BKSDA menilai ada keanehan, pasalnya dalam waktu yang hampir bersamaan dan wilayah yang berdekatan, masyarakat berhasil menangkap dua ekor harimau dahan. Petugas menduga harimau tersebut keluar dari habibatnya, karena adanya kerusakan ekosistim atau kekurangan makanan.

Petugas menghimbau kedepan masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan, dan melaporkan apabila melihat adanya binatang dilindungi yang bekeliaran. Disisi lain, petugas berencana akan melakukan investigasi dan pengecekan penyebab keluarnya harimau tersebut kepermukiman masyarakat.

 

Wartawan : ANDIKA/ ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat