Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Sabtu, 21 Oktober 2017

Rangkaian acara pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,0SR
20-Oct-17 04:18:43 WIB
Kedalaman 25 Km
23 Km Southwest Kab-simeulue-aceh
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang28 September 2017 - 06:16 WIB
Megawati dianugerahkan gelar Honoris Causa bidang Pendidikan
Megawati dianugerahkan gelar Honoris Causa bidang Pendidikan

Reporter : DELIMA/ AGUSRI • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Kemaren, Presiden ke 5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri dianugerahi gelar Doktor Kehormatan  (Dr. Honoris Causa) dibidang politik pendidikan oleh Universitas Negeri Padang. Melalui pidato ilmiahnya Megawati menjelaskan politik dan pendidikan adalah dua hal yang tidak mungkin dapat dipisahkan. Universitas Negeri Padang hari ini dalam Rapat Senat Terbukanya menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan (Dr Honoris Causa). Kepada Presiden ke 5 Republik Indonesia periode 2001-2004. Bagi Megawati, penganugerahan gelar HC ini merupakan yang kelima kalinya didapat sepanjang perjalanan karirnya. Gelar serupa pernah didapat dari Wasseda University, Jepang, Moscow State Institute Rusia dan Ocean University, Korea Selatan. Sedangkan untuk di Indonesia, Megawati pernah mendapat gelar Doktor Kehormatan dibidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjajaran pada 25 Mei 2016 lalu dan kemaren kembali mendapatkan gelar Kehormatan tersebut di bidang politik pendidikan dari Universitas Negeri Padang.

 

Rapat Senat Terbuka penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa ini juga dihadiri oleh sejumlah Menteri, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan – Puan Maharani-, Menteri Dalam Negeri –tjahjo kumolo-, Menteri Hukum dan Ham –Yasonna Laoly-, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan –Muhajir Effendi dan Menteri Perumahan Rakyat dan Pemukiman Rakyat –Moh. Basuki-. Sementara itu pertimbangan penanugerahan gelar HC ini sudah diputuskan secara seksama oleh Tim Promotor  dan Senat Universitas yang selama ini sudah mengadakan kajian dan riset terhadap karya dan kontribusi yang sangat bernilai yang telah di sumbangkan Presiden ke lima ini bagi pengembangan dunia pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

 

Disamping itu dalam pidato ilmiahnya, Megawati menjelaskan politik dan pendidikan adalah dua hal yang tidak mungkin dipisahkan. Politik menghasilkan Sistem Pendidikan, sementara pendidikan juga turut mempengaruhi kehidupan politik. Bagi Megawati, ilmu hanya akan menjadi ilmu jika bermanfaat bagi kemanusiaan. Presiden kelima ini berkomitmen untuk berjuang bersama Civitas Akademika Indonesia, termasuk yang berada di UNP untuk terus mendorong politik pendidikan yang dapat melahirkan Akademisi-Akademisi Organik. Akademisi yang memiliki kegelisahan dan mampu mencari solusi ilmiah atas Problematika yang dihadapi rakyat.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat