Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Pengawasan Kesehatan Sapi Di Pessel Diperketat

TVRI Sumatera BaratKesehatan 26 September 2017 JAM 06:36:23 WIB

Pemeriksaan kesehatan hewan di Kabupaten Pesisir Selatan diperketat agar Swasembada daging sapi tiap tahunnya terus meningkat. Pengawasan dilakukan dengan memperbanyak Pos pemeriksaan kesehatan hewan di masing-masing Kecamatan. Kondisi Kesehatan hewan terutama sapi di Kabupaten Pesisir Selatan terus ditingkatnya mengingat Daerah ini merupakan salah satu Daerah penghasil sapi terbanyak di Sumbar. Saat ini sudah terdapat sebanyak 6 Poskeswan yang disediakan Dinas Peternakan setempat yang disebar di sejumlah Kecamatan.

Pemanfaatan Poskeswan diharapkan mampu mengurangi resiko Penyakit atau gangguan Kesehatan pada sapi. Selain itu juga difungsikan untuk meningkatkan Populasi sapi dengan cara meningkatkan Produksi sapi Betina. Poskeswan yang sudah tersedia pada 6 Kecamatan didaerah ini diintruksikan melakukan pengawasan rutin terhadap kesehatan hewan, sehingga kualitas sapi Pesisir lebih baik dan Populasi meningkat tiap tahunnya.

Untuk tahun 2017 ini, Swasembada sapi Pesisir Selatan untuk Nasional menyumbangkan sebanyak 20 persen sapi pedaging dan jumlah Populasi mencapai 300 ribu ekor. Kedepan jumlah Poskeswan akan ditambah dan tersebar pada 15 Kecamatan, tim pengawas melibatkan pihak Kecamatan, Nagari dan masyarakat yang tergabung dalam kelompok ternak.

Wartawan : NINING ABRIANTI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat