Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Selasa, 21 November 2017

Rangkaian acara pada hari Selasa, 21 November 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,3SR
21-Nov-17 06:41:55 WIB
Kedalaman 15 Km
52 Km Northwest Niasutara-sumut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kabupaten Agam26 September 2017 - 06:16 WIB
Diserang hama masyarakat gelar berburu tikus
Diserang hama masyarakat gelar berburu tikus

Reporter : GUSRI EL FAISHAL • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Pasca diserang hama  tikus, petani didaerah Kamang Magek kabupaten Agam kembali menggalakkan kegiatan berburu Tikus di pematang sawah. Hama Tikus saat ini telah menjadi musuh petani karena telah merusak tanaman padi masyarakat. Gerah dengan hama Tikus. Petani di Kamang Magek kabupaten Agam menggelar kegiatan  berburu Tikus.  

Kegiatan ini dilakukan serentak dibeberapa  Nagari di Kecamatan Kamang Magek . Hama Tikus saat ini menjadi musuh petani karena  tahun ini petani kembali  gagal panen. Berburu Tikus sawah ini dilakukan  oleh Masyrakat termasuk anak-anak. Mereka antusias  berburu tikus sawah. Memancing agar tikus keluar dari sarangnya. Pada lobang tikus dilakukan   penggalian   atau menembakkan solder api belerang. Setelah keluar tikus ini langsung dikejar  warga.

Dari data Unit Pelayanan Teknis UPT Pelaksana Penyululuhan Pertanian dan Ketahanan Pangan  Kamang Magek  setidaknya lebih dari 75 hektar sawah rusak oleh hama tikus. Sebagain besar nagari di kecamatan ini mengalami hal serupa . dan perlu digalakkan berburu tikus di kalangan petani. Erizal kepala UPT Pelaksanan Penyuluh Pertanian mengatakan berburu tikus seperti ini sangat efektif mengurangi meningkatnya populasi tikus sawah.

Erizal menganjurkan berburu tikus ini dilakukan tiap hari untuk beberapa hari kedepan mengingat jumlah hama tikus sangat banyak.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat