Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Selasa, 21 Agustus 2018

Rangkaian acara pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,1SR
20-Aug-18 17:51:04 WIB
Kedalaman 17 Km
14 Km Southwest Niasbarat-sumut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat12 September 2017 - 06:51 WIB
Pasaman canangkan Germas
Pasaman canangkan Germas

Reporter : PARWIS NASUTION • Editor : Administrator

A+AAA-
 

Pemerintah Kabupaten Pasaman Sumatera Barat mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat germas. Gerakan ini dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesadaran menjaaga kesehatan. Sejak tahun 2010 penyebab terbesar kematian bersumber dari penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, dan lainnya, penyakit tidak menular saat ini dapat menyerang bukan hanya dari kalangan usia tua tetapi telah bergeser ke usia muda.

Masalah ini tentu mengakibatkan beban pada pembiayaan kesehatan masyarakat, karena selain membutuhkan biaya tinggi juga waktu yan panjang dalam hal pengobatan penyakit tersebut, untuk itu diperlukan adanya kesadaran semua elemen masyarakat untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan gerakan masyarakat hidup sehat germas. Kepala bidang kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Sumatera Barat Ahmad Mardanus saat menghadiri pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat di pasaman mengatakan, meski saat ini persentase realisasi kesehatan Sumatera Barat sudah melebihi 20 persen, tetapi harus ada peningkatan realisasi kehatan secara terus menerus, salah satunya upaya untuk meningkatkan realisasi kesehatan ini dengan gerakan masyarakat hidup sehat.

Ahmad Mardanus juga mengatakan, hingga saat ini masih ada beberapa Kabupaten, Kota di Sumbar yang belum mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat tersebut, dengan di canangkannya germas di Pasaman ini, Dinas Kesehatan Sumbar berharap daerah Kabupaten, Kota lainnya juga bisa segera mencanangkan germas tersebut, karena dengan pencanangan germas maka masyarakat bisa mengetahui pentingnya menjaga kesehatan. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Amdarisman mengatakan, sangat bersukur atas terlaksananya pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat tersebut, untuk menyukseskan program pemerintah yang di gagas oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla ini, maka pihaknya telah melakukan upaya-upaya tertuntu seperti mengarahkan seluruh pejabat pemerintah di seluruh instansi agar melakukan olah raga pada jam-jam tertentu yakni pada pagi hari pukul 10 WIB dan pada siang hari pukul 14 wib.

Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan  seluruh petugas kesehatan mulai Puskesmas, Camat, Walinagari dan jorong agar bersama-sama menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat ini, sehingga masyarakat yang berada di pelosok sekalipun tahu pentingnya menjaga kesehatan. Melalui gerakan masyarakat hidup sehat ini, Pemda Pasaman dan Pemprov Sumbar berharap, masyarakat Sumbar dan Pasaman khususnya semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, masyarakat diharapkan lebih sadar dengan kesehatan karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

                         

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat