Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Kerugian akibat Abrasi di Muaro Kandis ratusan juta

Kontributor DaerahBencana Alam 12 September 2017 JAM 06:27:36 WIB

Selain mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah, pemukiman warga di kawasan Pantai Kenagarian Muaro Kandis Kecamatan Linggo Saribaganti Pesisir Selatan masih terancam abrasi. Warga berharap penanganan pintu air muara yang rusak akibat cuaca buruk segera dilakukan pemerintah daerah setempat.

Abrasi pantai yang merusak rumah dan tempat usaha warga di Kenagarian Muaro Kandis Punggasan Kecamatan Linggosari Baganti di taksir mencapai 500 juta rupiah. Hasil pendataan pemerintah nagari setempat memastikan sebanyak tiga unit rumah permanen dan semi permanen tidak layak ditempati, sedangkan 2 tempat usaha ikan juga rusak parah. Sementara itu, sekitar 6 kepala keluarga yang tinggal di Tebing Sungai Muaro Kandis ini terpaksa mengungsi, karena ancaman abrasi semakin meluas. Pasca kerusakan, warga terlihat sudah mengemas barang-barang mereka untuk pindah ketempat yang lebih aman.

Walinagari Muaro Kandis Punggasan mengatakan, abrasi pantai disebabkan oleh rusaknya pintu air muara yang sebelumnya dibuat seperti baronjong, namun karena besar dan tingginya ombak membuat pintu air muara ini semakin melebar.  Warga melalui pemerintahan Nagari berharap penanganan kerusakan pintu air di Muaro Kandis segera dilakukan, dan membangun tebing muara yang sudah rusak digerus air.

Wartawan : NINING ABRIANTI
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat