Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Sabtu, 21 Oktober 2017

Rangkaian acara pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,0SR
20-Oct-17 04:18:43 WIB
Kedalaman 25 Km
23 Km Southwest Kab-simeulue-aceh
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Dharmasraya12 September 2017 - 06:03 WIB
Tanggulangi Gizi Buruk, Dinkes Dharmasraya Dirikan Pos Gizi
Tanggulangi Gizi Buruk, Dinkes Dharmasraya Dirikan Pos Gizi

Reporter : MUHAMMAD SUPADI • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Masih banyaknya ditemui terjadi kasus gizi buruk pada balita di Kabupaten Dharmasraya, membuat dinas kesehatan Kabupaten Dharmasraya  memiliki terobosan secara khusus menanggulangi gizi buruk dengan mendirikan pos gizi di setiap nagari. Dinas kesehatan Kabupaten Dharmasraya juga berupaya untuk mendirikan pos gizi supaya masyarakat betul-betul terperhatikan gizi setiap balita dari keluarga miskin atau kurang mampu. Di Kabupaten Dharmasraya tidak hanya didirikan pos ronda di tiap nagari atau jorong untuk mengatasi gangguan kantibmas di lingkungan sekitar.

Pos gizi juga didirikan untuk menanggulangi maraknya kasus yang menimpa balita masalah kekurangan gizi atau dikenal dengan gizi buruk. Dinas kesehatan Kabupaten Dharmasraya mempunyai program ditengah masyarakat dengan memberdayakan masyarakat untuk mengatasi masalah gizi buruk di sekitar tempat tinggal. Salah satu pos gizi yang telah diresmikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Dharmasraya adalah di nagari empat koto Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Pos gizi ke tiga yang di lounching  mempunyai banyak balita yang harus diperhatikan masalah gizi dan kesehatan lainnya, pemerintah daerah harus berupaya untuk meningkatkan status gizi balita melalui pemberdayaan berkesinambungan.

Sekilas pos gizi yang diberi nama sayang bunda ini berlokasi yang sama dengan bangunan perpustakaan ambun suri milik masyarakat kenagarian empat koto Pulau Punjung disulap memiliki fasilitas seperti timbangan balita dan arena bermain anak-anak. Secara kelengkapan pos gizi sayang bunda sudah menyediakan dapur dengan petugas dari dinas kesehatan Dharmasraya untuk membuat menu yang akan diberikan secara gratis kepada balita yang kekurangan gizi.

Secara aturan dijelaskan kepala dinas kesehatan Kabupaten Dharmasraya pos gizi sudah ada setidaknya satu unit di setiap kecamatan di Kabupaten Dharmasraya. Pos gizi sayang bunda yang berada di kecamatan Pulau Punjung sebagai tempat keramaian masyarakat dijadikan  taman edukasi atau pembelajaran pengetahuan tentang gizi ditambah satu pelayanan kesehatan untuk ibu hamil.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat