Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Kapal Patroli Yang Hilang Tenggelam Akhirnya Ditemukan

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 14 Agustus 2017 JAM 06:21:36 WIB

Kapal Patroli C4 Milik Pol Air Polres Pariaman,yang tenggelam  dikawasan Pulau Ujung perairan laut kota Pariaman pada akhir Juni lalu akhirnya ditemukan. Kapal ditemukan sekitar kawasan Pulau Ujung dengan kedalaman 20 meter dan bergeser sejauh 50 meter dari titik karamnya kapal, dengan kondisi ditumbuhi tanaman laut,namun tidak mengalami kerusakan yang signifikan.

Kapal Patroli C4 Milik Pol Air Polres Pariaman yang tenggelam dan hilang dikawasan Pulau Ujung perairan laut Pariaman pada akhir bulan Juni 2017 lalu ditemukan.Penemuan kapal Patroli C4 tersebut berawal dari informasi seorang nelayan bernama Refidom, nelayan di desa Taluak yang penasaran dengan karang besar yang merusak jaring miliknya dikawasan Pulau Ujung.

Karena sudah berahun-tahun melaut namun tidak pernah terjadi diperairan Pulau Ujung memiliki karang maupun benda besar. Karena penasaran kemudian nelayan mengetes  benda itu dengan menggunakan seutas tali diberi batu dan besi dan akhirnya diketahui benda tersebut adalah kapal patroli yang hilang tenggelam. Kapal kemudian dievakuasi dengan teknik pengangkatan badan kapal menggunakan drum hampa udara untuk mendorong badan kapal yang terbuat dari viber kepermukaan.

Menurut Iptu. Sirjhon Hardi bahwa dari hasil pemeriksaan fisik, kapal tidak ditemukan kerusakan berupa kebocoran, namun teknisi akan melakukan pengecekan dan pemeriksaan pada peralatan mekanis yang ada dikapal seperti mesin dan alat indikator lainya. Tenggelamnya kapal Nahas tersebut berawal dari upaya penyelamatan anggota polisi saat memberikan bantuan air bersih kepada nelayan asal Sibolga yang kehabisan pasokan air.

Namun saat kapal tersebut mendekat, tiba-tiba cuaca berubah drastis sehingga ombak tinggi menghempas bagian kapal, sehingga  kapal ahkhirnya tenggelam. Sehingga pencarian yang dilakukan petugas  selama ini tidak membuahkan hasil, hingga kahirnya kapal ditemukan nelayan setelah hilang 1, 5 bulan hilang.

 

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat