Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

Pasar ternak mulai ramai

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 14 Agustus 2017 JAM 06:23:45 WIB

Menjelang hari raya qurban , peternak sapi  ramai mendatangi pasar ternak untuk menjual sapi  sebagai hewan qurban . Tidak terkecuali di pasar ternak Guguk Bulek Bukittinggi ini  , ribuan ekor sapi siap di jual dan di  tawar dan dipasarkan.

Harga sapi ini  berfariasi mulai 16  hingga 20 juta rupiah melihat besar dan kecilnya  bobot sapi. Zal toke sapi asal Padang, sengaja datang membawa 21 ekor sapi qurban,  menjelang hari raya qurban ia  berkeliling Sumatera Barat membawa sapi bahkan sapi sapi ini juga di bawa ke Riau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  disana.

Menurut zal penjualan sapi saat ini  biasa saja. Pembeli kebanyakan melihat lihat dan menanyakan harga, dan  hanya beberapa orang yang telah memutuskan untuk membeli. Penjualan baru meningkat satu minggu menjelang hari raya. Begitupun harganya mengalami  peningkatan rata rata lima ratus hingga satu juta rupiah. Menurut Zal peningkatan ini disebabkan harga anak sapi, yang terus naik dan tidak  pernah turun.

Pasar ternak Guguk Bulek Bukittinggi, banyak diminati oleh para pedagang  dari berbagai daerah terutama  sentra peternakan sapi di Sumatera Barat . Pasar ini merupakan pusat sentra penjualan sapi untuk daerah Bukittinggi dan Agam wilayah timur. Fauzi Kabid dinas kesehatan hewan mengatakan kebutuhan sapi di wilayah  diperkirakan meningkat . Meski ekonomi melambat namun semangat beragama didaerah ini cukup tinggi.

Untuk  pengawasan kesehatan hewan pihak puskeswan kota Bukittinggi tetap akan melakukan pengecekan  seluruh kesehatan sapi qurban, termasuk larangan qurban untuk sapi betina produktif .

 

 

Wartawan : GUSRI EL FAISHAL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat