Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Jum'at, 24 Mei 2019

08:01SERAMBI MUSLIMAH
09:00PESONA INDONESIA
09:30NADA ISLAMI
16:00SUMATERA BARAT HARI INI
17:00NUANSA IMAN ROADSHOW
18:00BERBUKA KITA
 
Informasi

 
Sosial Media
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Bukittinggi14 Agustus 2017 - 06:23 WIB
Pasar ternak mulai ramai
Pasar ternak mulai ramai

Reporter : GUSRI EL FAISHAL • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Menjelang hari raya qurban , peternak sapi  ramai mendatangi pasar ternak untuk menjual sapi  sebagai hewan qurban . Tidak terkecuali di pasar ternak Guguk Bulek Bukittinggi ini  , ribuan ekor sapi siap di jual dan di  tawar dan dipasarkan.

Harga sapi ini  berfariasi mulai 16  hingga 20 juta rupiah melihat besar dan kecilnya  bobot sapi. Zal toke sapi asal Padang, sengaja datang membawa 21 ekor sapi qurban,  menjelang hari raya qurban ia  berkeliling Sumatera Barat membawa sapi bahkan sapi sapi ini juga di bawa ke Riau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  disana.

Menurut zal penjualan sapi saat ini  biasa saja. Pembeli kebanyakan melihat lihat dan menanyakan harga, dan  hanya beberapa orang yang telah memutuskan untuk membeli. Penjualan baru meningkat satu minggu menjelang hari raya. Begitupun harganya mengalami  peningkatan rata rata lima ratus hingga satu juta rupiah. Menurut Zal peningkatan ini disebabkan harga anak sapi, yang terus naik dan tidak  pernah turun.

Pasar ternak Guguk Bulek Bukittinggi, banyak diminati oleh para pedagang  dari berbagai daerah terutama  sentra peternakan sapi di Sumatera Barat . Pasar ini merupakan pusat sentra penjualan sapi untuk daerah Bukittinggi dan Agam wilayah timur. Fauzi Kabid dinas kesehatan hewan mengatakan kebutuhan sapi di wilayah  diperkirakan meningkat . Meski ekonomi melambat namun semangat beragama didaerah ini cukup tinggi.

Untuk  pengawasan kesehatan hewan pihak puskeswan kota Bukittinggi tetap akan melakukan pengecekan  seluruh kesehatan sapi qurban, termasuk larangan qurban untuk sapi betina produktif .

 

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa