Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Gerhana Bulan Sebagian Terlihat Di Langit Padang

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 09 Agustus 2017 JAM 06:36:35 WIB

Gerhana bulan sebagian terlihat kemarin malam di langit Padang Sumatera Barat, pada pukul 22 hingga pukul empat dini hari tadi. Namun gerhana bulan ini tidak berlangsung lama, karena cuaca di Kota Padang yang tidak mendukung.

Gerhana bulan sebagian ini merupakan pantauan gerhana ke 3 yang di prediksi BMKG pada tahun 2017 yang akan terjadi sebanyak empat kali. Gerhana bulan merupakan fenomena alam yang terjadi saat cahaya matahari terhalang oleh bumi, sehingga tidak semuanya cahaya matahari sampai ke bulan.

Gerhana bulan sebagian terjadi apabila bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah Penumbra, sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan. Tahun ini gerhana bulan dapat terlihat dengan mata telanjang di Indonesia tadi malam pukul 22.48 hingga pukul 4 dini hari tadi dan tidak berbahaya sama sekali.

Pantauan BMKG, gerhana bulan mulai terlihat dilangit Padang Sumatera Barat kemarin malam, pada pukul 22 lewat 48  menit dan gerhana bulan sebagian muncul pada pukul 01 lebih 33 menit lewat 1 detik. Puncak gerhana terlihat pada pukul 1 lebih dua puluh menit, gerhana bulan sebagian berakhir pada pukul tiga lewat delapan belas menit, kemudian gerhana bulan berakhir pada pukul tiga lewat 54 menit dini hari tadi.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika , ada empat kali gerhana yang terjadi selama 2017, yakni gerhana bulan penumbra terjadi pada 11 Februari 2017 lalu yang bisa diamati di bagian barat Indonesia, gerhana matahari cincin terjadi 26 Februari lalu dan tidak bisa diamati di Indonesia, gerhana bulan sebagian yang bisa dilihat pukul 22.48 tadi malam hingga 03.52 dini hari tadi. Kemudian gerhana matahari total dapat dilihat di Indonesia pada tanggal 21 Agustus 2017 nanti.

Adapun fase gerhana bulan sebagian terjadi hingga gerhana bulan sebagain berakhir dapat dilihat selamat 1 jam 56,6 menit. Sementara itu gerhana bulan sebagian dapat diamati dari Samudra Pasifik, serta bagian Timur Asia dan Australia saat bulan terbenam, dan keseluruhan gerhana bulan sebagian dapat diamati dari bagian barat Australia, Asia, Samudra Hindia dan Bagian Timur Afrika.

Wartawan : NOLA ERNAFIA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat