LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Minggu, 12 Juli 2020

16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00SENI TRADISI
17 : 30PESONA INDONESIA
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Bukittinggi09 Agustus 2017 - 06:02 WIB
Goa Di Binu Kamang Ilir Jadi Objek Wisata Baru
Goa Di Binu Kamang Ilir Jadi Objek Wisata Baru

Reporter : GUSRI EL FAISHAL • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Masyarakat didaerah Binu, Nagari Kamang Ilia Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam membuka potensi alam  bawah tanah  dengan mengeksplor sebuah objek wisata Goa Binu. Goa ini ditemukan sekitar 300 meter dari pemukian warga.

Goa di Jorong Binu Nagari Kamang Ilia Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam-Sumbar menjadi cikal bakal objek wisata baru di Kawasan Agam.  Goa ini  sudah lama diketahui.  Hanya saja belum pernah dieksplorasi masyarakat.  Mulut goa yang agak sempit untuk dimasuki karena terhalang batu.  Menjadi salah satu alasan masyarakat 'mengabaikan' goa tersebut. Namun belakangan ini, goa itu kembali dilirik karena memiliki keindahan terpendam yang bisa menjadi nilai jual suatu objek wisata.

Fakrur Razi Wali Jorong Binu mengatakan, satu bulan lalu warga mencoba membuka mulut goa yang ditutupi batu besar. Didalamnya terdapat lorong lorong dan ruangan yang cukup besar. Ada tiga lorong satu dinantaranya tidak diterlusuri karena medannya yang berat. Untuk memasuki goa tersebut,  sebenarnya cukup sulit dari mulut goa yang berukuran setengah meter,  kita harus turun ke bawah dengan posisi kepala menunduk, dalam goa ini kira-kira 10 meter dengan akses yang cukup ekstrem dan diharuskan memakai penerangan seperti senter,  pemandangan didalamnya sangat cantik terdapat puluhan stalagmit dan stalagtif.

Untuk sementara goa itu belum dibuka untuk umum, namun kedepannya bisa saja dikembangkan untuk pariwisata. Masyarakat setempat saat ini akan memperbaiki akses jalan maupun penelitian tentang keselamatan bagi pengunjung apabila di buka untuk umum.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa