Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Sabtu, 19 Agustus 2017

Rangkaian acara pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
Mulai 27 October 2016 Jam 07.00 WIB
Sampai 28 October 2016 Jam 07.00 WIB
PADANG
Hujan Ringan
Cuaca : Hujan Ringan
Suhu : 22 - 31 °C
Kelembapan : 67 - 98 %
Kecepatan Angin : 17 (km/jam)
Arah Angin : Tenggara
Sumber : Data BMKG
 
Gempa Terkini
5,2SR
19-Aug-17 04:00:49 WIB
Kedalaman 10 Km
261 Km Northeast Malukubrtdaya
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kabupaten Agam09 Agustus 2017 - 06:58 WIB
Gerhana Bulan Parsial
Gerhana Bulan Parsial

Reporter : GUSRI EL FAISHAL • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Selasa dini hari tadi proses alam gerhana bulan  kembali terjadi . Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Sumatera Barat mengamati gerhana terjadi parsial atau sebahagian. Proses pembentukan gerhana terjadi pada pukul 1.41 WIB rabu dihari, dari pengamatan sebagian bulan  gerhana ini terlihat tipis tertutup awan .

Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer ( BPAA ) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Kabupaten Agam. Sumatera Barat  senin malam hingga selasa dini hari melakukan pengamatan terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan  adalah proses alam terjadi  saat sebagian penampakan bulan tertutup bayangan bumi. Hal ini merupakan gejala alam yang langka karena tidak semua daerah dapat menyaksikannya.

Pengamatan itu dilakukan di halaman  mess Lapan  yang berada di Pulai Palatan.  Jorong PSB Kanagarian Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam. Pengamatanini dimulai pukul 11 WIB malam hingga selasa dini hari. Pengamatan juga terganggu oleh awan tipis sehingga beberapa waktu terlihat  tidak jelas. Namun pada puncaknya pukul 01.42 wib Lapan berhasil mengabadikan gerhana bulan sebahagian untuk wisalayah Sumatera Barat. Gerhana terlihat jelas bila menggunakan alat teropong Lapan.

Tepat pada pukul 00. 20 menit gerhana ini telah memasuki fase awal . Puncaknya pukul 01.42 WIB dimana  bulan tertutup sebagian oleh bayangan bumi . Rido Pratama pejabat fungsional Lapan mengatakan pengamatan  gerhana bulan  tidak masimal terganggu karena awan. Namun beberapa momen pihaknya dapat mengabadikan proses alam tersebut. Sesuai dengan perkiraan sebelumnya gerhana untuk wilayah Indonesia terjadi sebagian. 25 persen bulan tertutup bayangan  bumi. Sesuai dengan lintasannya gerhana bulan total  dapat terlihat di wilayah Afrika.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat