Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Sabtu, 19 Agustus 2017

Rangkaian acara pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
Mulai 27 October 2016 Jam 07.00 WIB
Sampai 28 October 2016 Jam 07.00 WIB
PADANG
Hujan Ringan
Cuaca : Hujan Ringan
Suhu : 22 - 31 °C
Kelembapan : 67 - 98 %
Kecepatan Angin : 17 (km/jam)
Arah Angin : Tenggara
Sumber : Data BMKG
 
Gempa Terkini
5,2SR
19-Aug-17 04:00:49 WIB
Kedalaman 10 Km
261 Km Northeast Malukubrtdaya
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang09 Agustus 2017 - 06:38 WIB
Sumbar Targetkan 500 Ribu Hektar Untuk Hutan Masyarakat
Sumbar Targetkan 500 Ribu Hektar Untuk Hutan Masyarakat

Reporter : NOLA / AGUSRI • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Pemerintah Sumatera Barat menargetkan luas hutan berbasis masyarakat 500 ribu hektar pada tahun 2017. Hal ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kesejahteran dan perekonomian masyarakat di sekitar hutan.

Dalam rangka menekan laju kerusakan hutan pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan berbagai program rehabilitasi dan perlindungan hutan. Salah satu langkah yang di tempuh dalam meminimalisasi perubahan fungsi hutan dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan. Hutan kemasyarakatan adalah hutan negara yang pemanfaatan utamanya di tujukan untuk memberdayakan masyarakat sekitar kawasan hutan.

Pemberdayaan masyarakat dilihat sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat agar mendapatkan manfaat sumber daya hutan secara optimal dan adil. Melalui pengembangan kapasitas dan pemberian akses dalam rangka kesejahteraan masyarakat. Semakin banyaknya hutan berbasis masyarakat maka akan semakin besar pula peluang masyarakat di sekitar hutan untuk meningkatkan perekonomian.

Di Sumatra Barat saat ini baru terproses 200 ribu hektar hutan kemasyarakatan dari 500 ribu hektar yang di sediakan oleh pemerintah Sumatera Barat, dan sisanya di targetkan hingga 2020 nanti hal ini akan tercapai. Selain memberikan izin pengelolaan hutan berbasis masyarakat, pemerintah juga masih memiliki pekerjaan rumah lainnya yaitu pemberdayaan kelompok masyarakat dalam pemanfaatan hasil pengolahan hutan tersebut.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berharap hutan berbasis masyarakat tersebut benar benar memberikan  manfaat terhadap masyarakat sekitar hutan baik secara ekonomi mamupun manfaat lainnya.

 

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat