Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 27 April 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
15 : 00DENDANG 15
16 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00NUANSA IMAN
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,3SR
26-Apr-18 23:56:01 WIB
Kedalaman 10 Km
74 Km Northeast Sarmi-papua
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Bukittinggi20 Juli 2017 - 06:06 WIB
Museum Budaya Minangkabau
Museum Budaya Minangkabau

Reporter : GUSRI EL FAISHAL • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Sejarah Budaya Minangkabau tidak hanya dapat dilihat di  buku  atau media sosial. Secara langsung dapat kita saksikan  di museum Rumah Gadang Ba Anjung yang berlokasi di  Kebun Binatang Bukittinggi . Di lokasi ini terdapat peninggalan tempo dulu berupa peralatan musik tradisonal  hingga Al-quraan tulisan tangan  usai ratusan tahun. 

Bagi anda memiliki keinginan untuk mengetahui budaya dan sejarah Minangkabau , tidak ada salah kiranya  mengunjungi Museum Rumah Gadang Ba Anjung tepatnya berlokasi di kawasan Kebun Binatang Bukittinggi.

Koleksinya  cukup banyak dan memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi ,museum ini baru diresmikan penggunanya  oleh pemerintah setempat dan menjadi wajah baru bagi Kota Bukittinggi sebagai destinasi wisata .

Koleksi museum ini beragam , mulai dari peralatan musik hingga perangkat rumah tangga yang di pakai masyarakat Minang tempo dulu.Saluang ,talempong dan bansi merupakan alat musik tradisonal Minang, dari alat musik ini  banyak melahirkan karya-karya yang saat ini dapat di  saksikan dalam acara resmi.

Selain alat musik ,  di museum  ini juga terdapat peralatan tukang,  alat membajak sawah serta peralatan rumah tangga, cangkir dan cerek , lampu minyak yang  terbuat dari perak .Bagi mereka yang berusia  70 hingga 80 tahun benda benda ini tidak asing bagi mereka.

Salah seorang pengunjung mengatakan sangat tertarik dengan koleksi musiem ini. Banyak pelajaran terutama generasi muda dalam rangka mengenal budaya Minangkabau. Pada liburan lalu lokasi ini bayak dikunjungi oleh wisatawan.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat