Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

60 Persen Dana Desa Sudah Disalurkan

TVRI Sumatera BaratPemerintahan 20 Juli 2017 JAM 06:58:26 WIB

Penyaluran dana desa tahap pertama tahun ini di Sumatera Barat sudah tersalur sebanyak 60 persen. Saat ini dana sekitar 480 milyar sudah masuk ke kas daerah Kabupaten Kota dan tinggal mendistribusikan ke rekening nagari dan desa.Pemerintah Provinsi melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan desa Sumatera Barat telah menyalurkan dana sekitar 480 milyar atau 60 persen untuk nagari dan desa pada tahap pertama ini.              

Kepala Dinas PMD, Syafrizal mengatakan pada 2017 ini sumbar menerima sekitar 800 miliar untuk dana desa, masing-masing dari 880 desa dan nagari penerima mendapatkan sekitar Rp 800 juta. Dana tersebut digunakan untuk membiayai pembangunan desa yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan.

Saat ini dana desa tersebut sedang dalam tahap pelaksanaan oleh wali nagari atau desa di daerah penerima alokasi dana. Sementara untuk pencairan 40 persen sisanya akan dilaksanakan pada tahap II yakni pada bulan Agustus nanti dan tergantung pada kesiapan masing-masing daerah penerima alokasi dana.

Dana desa di Sumatera Barat meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2015 alokasi dana desa yang diterima sekitar Rp400 miliar, meningkat menjadi Rp 600 miliar pada 2016.

Kemudian pada 2017 dana tersebut kembali meningkat menjadi Rp 800 miliar dan kemungkinan akan ditingkatkan kembali menjadi 2 kali lipat yakni sekitar Rp 1,5 miliar per nagari atau desa pada 2018 dengan syarat nagari dan desa harus mempunyai perencanaan yang matang sehingga pemakaiannya dapat terarah.

Wartawan : DELIMA FEBRIA/AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat