Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Disdik Sumbar Tunggu Aturan Sekolah Lima Hari

TVRI Sumatera BaratPendidikan 13 Juni 2017 JAM 06:53:20 WIB

Hingga saat ini Dinas Pendidikan Sumatera Barat masih menunggu tentang kebijakan meliburkan sekolah di hari sabtu untuk para siswa yang dimulai tahun ajaran 2017-2018. Kebijakan ini akan berimbas pada kegiatan full day school yang membuat jam sekolah bertambah menjadi 8 jam perhari. Kebijakan pemerintah untuk menjadikan hari sabtu sebagai hari libur untuk para siswa pada tahun ajaran baru 2017 – 2018 nanti  masih menjadi perbincangan sejumlah kalangan.

Selain pertimbangan untuk sejumlah kendala yang akan ditimbulkan di lapangan, jam belajar selama lima hari dalam seminggu ini juga akan berimbas pada kegiatan atau aktifitas lainnya seperti kegiatan belajar mengaji yang kerap dilakukan di luar kegiatan sekolah pada sore hari.

Selain itu aktifitas full day school nantinya dirasa juga akan menjadi kendala bagi sekolah yang menerapkan jam belajar duble sifht. Meski demikian Dinas Pendidikan tetap menghimbau pihak sekolah untuk melakukan persiapan berupa simulasi  untuk menentukan mekanisme bahan ajar dan metode kegiatan belajar mengajar untuk kegiatan akademik di luar ekstrakulikuler.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat burhasman mengaku hingga hari ini masih menunggu kebijakan peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 ini, dan berharap kebijakan ini dapat memberikan manfaat kedepan untuk para siswa.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Sumatera Barat mengaku kebijakan ini akan diterapkan secara bertahap, karna akan banyak hal-hal yang menyesuaikan untuk sejumlah sekolah didaerah, seperti akses transportasi, dan ketersediaan sarana dan parsarana untuk sekolah double shift.

Meski demikian rencana untuk menetapkan sekolah lima hari ini dinilai bagus untuk meningkatkan pengendalian dan pengawasan pada siswa karna berada dalam pengawasan guru disekolah. Sedangkan untuk guru terutama guru sertifikasi akan lebih mudah untuk memenuhi jam wajib mengajar tanpa harus mencari jam tambahan di sekolah lainnya.

Wartawan : SHERLY Z, ATVRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat