Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Puasa Tidak Menghalangi Berlatih Silek Dan Randai

Kontributor Daerah • Kabupaten Tanah Datar13 Juni 2017 - 06:43 WIB

Puasa Tidak Menghalangi Berlatih Silek Dan Randai

Reporter : ROBIHAM • Editor : Redaksi Berita

 

Mempertahankan budaya silek dan randai, anak nagari di Guguak  Malalo tetap giat berlatih meski di bulan suci ramadhan, namun anak nagari menyayangkan kurangnya perhatian dari pemerintah daerah terhadap perkembangan budaya silek tersebut.

Meski dibulan ramadhan anak nagari di Guguak Malalo Kecamatan Malalo Tanah Datar, tetap melakukan latihan randai dan silek, namun intensitasnya berkurang di banding hari biasa, yang mengadakan latihan dua kali seminggu namun saat ini hanya dilakukan satu kali  dalam  satu minggu.

Silek dan randai merupakan pergelaran yang selalu disajikan di Kecamatan Malalo, di saat perayaan besar, seperti menggangkat gelar datuak, pesta perkawinan, dan saat menjamu tamu kehormatan yang  datang ke wilayah yang sekitarannya dikelilingi oleh Danau Singkarak tersebut.

 Budi salah seorang pelatih silek di Malalo mengatakan, di beberapa daerah di Sumatera Barat peminat silek dan randai sudah jauh berkurang, karena di anggap kuno, dan para remaja lebih memilih untuk bermain handphone atau mainan yang di anggap kekinian. Namun tidak bagi anak muda di Guguak Malalo, para remaja disini tetap semangat untuk mempertahankan salah satu ciri khas budaya minangkabau.

Bahkan ada beberapa dari anak didiknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar, karena kecintaanya akan budaya minang, para remaja di Guguak Malalo ini dengan penuh semangat tetap berlatih meski bulan ramadhan seperti saat ini.

Namun yang cukup disayangkan saat ini kurangnya perhatian pemerintah, Budi mengharapkan pemerintah daerah turut andil dalam pelestarian nilai nilai budaya minang ini.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat