Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

BPOM Temukan Rodamin B Pada Takjil

Kontributor DaerahKesehatan 13 Juni 2017 JAM 06:16:50 WIB

Diantara makanan berbuka puasa yang dijual di pasaran, terdeteksi mengandung zat berbahaya rodamin b, terkait hal ini BPOM dan pemerintah akan menindak distributor dan pedagang yang menjual  makanan tersebut. Balai besar pengawasan obat dan makanan BPOM melakukan pengawasan terhadap takjil atau hidangan puasa di Kota Bukittinggi, pengawasan ini rutin digelar dalam rangka melindungi masyrakat dari makanan yang mengandung bahan berbahaya.

Pemeriksaaan dilakukan dengan pengambilan sampel makanan dari pedagang dan langsung di uji  melalui mobil laboratorium BPOM, hasilnya dapat diperoleh langsung dan diserahkan pada pemerintah setempat untuk dilakukan penindakan.

Kepala BPOM Zulkifli mengatakan, dari 21 sampel yang di ambil di pasar pabukoaan dua diantaranya yakni bahan baku delima terbukti mengandung bahan pewarna textil  jenis rodamin b, bahan  kimia tersebut sangat berbahaya apabila di konsumsi oleh masyrakat,

 Sementara makanan lain saat ini masih diuji lebih dalam, petugas BPOM menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur dan mewaspadai makanan pabukoan , masyrakat juga dihimbau untuk memakan makanan yang segar seperti buah buahan.

 

Wartawan : GUSRI EL FAISHAL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat