Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman

Pengusutan Dugaan Korupsi Proyek Jalan Pintu Padang-Kubu Baru

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 12 Juni 2017 JAM 06:06:22 WIB

Ratusan kepala keluarga yang berada di sepanjang jalan pintu Padang-Kubu baru tidak merasakan manfaat pembangunan jalan yang dibangun oleh pemda setempat. Masyarakat bahkan mengeluh karena jalan aspal dan cor yang mereka idamkan selama puluhan tahun lalu hanya bertahan kurang dari enam bulan lamanya. Meski baru enam bulan pasca dibangun, jalan pintu Padang-Kubu baru sudah kembali rusak. Rendahnya kualitas dan mutu jalan diduga menjadi penyebab cepatnya badan jalan tersebut hancur.

Dari tiga kilomoter rencana awal pembangunan pihak rekanan hanya menbangunkan 57 persen dari rencana awal pembangunan jalan, bahkan ada beberapa badan jalan yang tidak dilakukan pengecoran dan masih menggunakan coran lama. Padahal menurut dinas terkait, biaya pembangunan tersebut lebih dari dua miliar rupiah yang dianggarkan dari APBD Pasaman tahun 2016.

Salah seorang warga Botung Busuk Kecamatan Mapattunggul Sainab mengatakan, masyarakat khususnya yang berdomisili di Botung Busuk merasa sangat kecewa dengan pembangunan jalan tersebut. Pada waktu pembangunan jalan, masyarakat juga sudah banyak yang protes karena pihak pemborong tidak membangun jalan sesuai dengan kontrak kerja, tetapi protes yang dilayangkan masyarakat tidak diacuhkan oleh pihak pemborong.

Pihak Kejaksaan Negeri Lubuk Sikaping juga sudah mengusut adanya dugaan korupsi pada proyek jalan Mapattunggul tersebut. Pihak kejari juga sudah memanggil beberapa orang saksi untuk mengusut dugaan korupsi yang dilakukan oleh pihak pemborong. Dugaan kerugian keuangan negara untuk sementara dari hasil penyelidikan mencapai 900 juta rupiah.

 

Wartawan : PARWIS NASUTION
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat