Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Kamis, 14 Desember 2017

Rangkaian acara pada hari Kamis, 14 Desember 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,2SR
12-Dec-17 09:23:10 WIB
Kedalaman 113 Km
37 Km Southeast Kota-sukabumi-jabar
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Sawahlunto12 Juni 2017 - 06:55 WIB
Desa Talago Gunung Pertahankan Tradisi MTQ
Desa Talago Gunung Pertahankan Tradisi MTQ

Reporter : INSAN KAMIL DAKOGA NOL • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Sejak bergabung dengan Kota Sawahlunto pada tahun 1990, dan mulai melaksanakan MTQ tahun 1991, Desa Talago Gunung rutin melaksanakan MTQ setiap tahunnya hingga MTQ ke 26 tahun 2017 ini. Melalui MTQ ini dapat menanamkan nilai-nilai agama kepada generasi muda, serta menghasilkan generasi penerus yang cerdas intelektual, emosional dan spiritualnya.

Desa Talago Gunung, Kecamatan barangin Kota Sawahlunto mempertahankan tradisi Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ tingkat desa sejak tahun 1991 lalu. Saat ini Desa Talago Gunung sudah menggelar 26 kali MTQ. Sementara Desa Talago Gunung telah bergabung dengan Kota Sawahlunto pada tahun 1990.

MTQ ini terasa semakin spesial karena sejak MTQ pertama selalu digelar setiap bulan ramadhan. Tahun ini MTQ dilaksanakan di Mesjid Nurul Huda, Dusun Koto yang diikuti total 116 peserta yang terdiri 96 orang khafilah dan 20 orang kelompok yasinan dari 4 dusun yang berada di Desa Talago Gunung. Selain itu penutupan MTQ ini selalu bertepatan pada 17 ramadhan, dimana pada tanggal tersebut adalah waktu turunnya alquran kepada Nabi Muhammad saw atau nuzul quran.

7 cabang akan dilaksanakan pada MTQ kali ini, mulai dari tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa. Panitia MTQ, Ismed Ulya mengatakan, setiap pelaksanaan MTQ juga dilakukan penyembelihan seekor sapi dan disantap pada saat berbuka puasa oleh masyarakat. Sementara itu diharapkan dengan MTQ ini dapat menanamkan nilai-nilai agama kepada generasi muda, memupuk rasa kecintaan masyarakat Talago Gunung terhadap alquran, memupuk tali silaturahmi yang semakin erat serta menghasilkan generasi penerus yang cerdas, baik cerdas intelektual, emosional dan spiritualnya.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat