Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 24 November 2017

Rangkaian acara pada hari Jum'at, 24 November 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,5SR
22-Nov-17 08:11:23 WIB
Kedalaman 77 Km
45 Km Southeast Bolaangmongondowtmr-sulut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang12 Juni 2017 - 06:24 WIB
Harga Sembako Turun
Harga Sembako Turun

Reporter : MAQRI NELVI L/ JONI BAKRI • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Dua minggu ramadhan, harga sejumlah barang kebutuhan harian cenderung turun di sejumlah pasar Kota Padang. Penurunan harga signifikan terjadi pada komoditi cabai yang mencapai  14  ribu rupiah perkilogram. Harga cabai yang biasanya naik signifikan pada bulan ramadhan hingga idul fitri,  tidak terjadi  pada tahun ini. Komoditi cabai merah mengalami turun harga sejak awal ramadhan lalu dari harga 25 ribu rupiah perkilogram menjadi  14 ribu rupiah setelah 2 minggu ramadhan berlalu, atau hari ini.

Bahkan menurut pedagang dan pembeli,  untuk cabai kualitas sedang ada yang dijual 10 ribu rupiah perkilonya. Turunnya harga cabai  ini tidak hanya merugikan petani tapi juga pedagang, apalagi turunnya harga cabai merah  ternyata tidak di ikuti naiknya  permintaan pembeli. Berbeda dengan pedagang, turunnya harga beberapa komoditi  sembako justru di sambut bahagia sejumlah pembeli di pasar ini.

Kondisi ekonomi yang sulit sedikit terbantu dengan stabilnya harga keburuhan harian saat ini. Hari ini harga bawang merah di Pasar Lubuk Buaya Padang juga turun, di jual 16 ribu rupiah hingga 20 ribu perkilogram tergantung kualitas dan jenis bawang  yang di jual. Namun untuk bawang putih masih tinggi, 45 hingga 47 ribu rupiah perkilogram. Sementara itu tomat  stabil 5-6 ribu perkilogram, sayur mayur seperti bayam dan kangkung  2500 rupiah perikat.

Beras solok masih stabil di jual 23 ribu per gantang, ir 42 20 ribu rupiah, beitu juga  gula 13 ribu perkilogram, minyak goreng curah 11 ribu dan tepung terigu 7500 perkilogram. Harga komoditi  yang mengalami kenaikan sejak sebelum ramdahan hingga saat ini adalah kacang tanah yang mencapai 50 ribu per kilogram untuk kualitas bagus dan sudah di kupas.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat